Terimakasih Sudah Berkunjung
  • 26

    Jul

    Lebaran: Baju Boleh Lama, Hati Harus Baru!

    gambar ilustrai google Menuju lebaran biasanya siap-siap bayar zakat fitrah, terus yang merasa pegawai siap-siap nerima THR, terus biasanya lebaran itu identik dengan pakai baju baru. Sudahkan beli baju baru untuk lebaran yang sudah tak lagi tiba? atau masih nunggu THR dulu baru beli baju baru? ah keburu mahal kali. Kalau jaman dulu kala kecil memang iya sih, lebaran pasti pakainya baju baru, beberapa hari menjelang lebaran pasti sudah minta baju baru untuk dipakai saat hari raya Idul Fitri dan setelahnya ketika berkunjung ke sanak sodara untuk “ujung” *bahasa jawa. Lebaran pakai baju baru adalah dulu, kini sudah gak gitu lagi, sekarang cinderung kayak lirik lagu jaman dulu “baju baru alhamdulillah untuk dipakai dihari raya, tak punya pun tak apa-apa masih ada baju y
    Read More
  • 24

    Jul

    Zakat Fitrah Itu 2,5Kg Bukan Hanya 1 Gelas!

    gambar ilustrasi google Gak terasa puasa udah dapat sekian hari, 2 minggu lagi dah lebaran. Hal wajib yang harus dilakukan sebelum lebaran nanti adalah membayar Zakat Fitrah. Kala SD dulu sebelum libur lebaran biasanya disuruh bawa beras ke sekolah dalam rangka membayar zakat, tapi gak dibilangin harus bawa berapa banyak gitu. Hanya disuruh bawa semampunya. Nah, karena bilangnya cuma bawa semampunya, ya udah ketika hendak berangkat sekolah ambil gelas terus dipenuhi beras yang biasa dimasak dirumah terus dituang dikantong plastik terus dibawa kesekolah terus dikumpulin deh. Dan kayak gitu itu berlangsung selama mengenyam pendidikan di SD. Karena pikir-pikir kalau bawa banyak-banyak nanti gak mampu bawa karena gak kuat. Hingga akhirnya lambat laun ketika SMP tau bahwa Zakat Fitrah Itu
    Read More
  • 22

    Jul

    Bersiaplah Mudik dengan Asyik dan Nyaman

    Ilustrasi google: Hindari Yang Seperti Ini Mudik kapan? naik apa? tinggal menghitung hari lebaran loh, memang sih secara menghitung hari masih berhari-hari tapi secara perasaan pasti deh akan berasa cepat banget, rasanya tiba-tiba besuk sudah hari H - berapa gitu. Maka dari itu buat yang mudik Bersiaplah Mudik dengan Asyik dan Nyaman sejak dini. Kalau aku memang enggak pernah merayakan mudik karena Jogja-Klaten itu bisa pulang kapan aja jadi berasa biasa aja, moment pulang kampung saat lebaran bagiku yang paling asyik adalah ketika pulang naik sepeda ontel, dengan waktu tempuh 3 jam yang mana biasanya pakai motor 1-1,5jam, udah yang asyik cuma itu aja! Meski mudik bukanlah sesuatu yang istimewa bagiku namun bukan berarti aku tidak bisa ketak-ketik tentang mudik yang asyik dan nyaman do
    Read More
  • 18

    Jul

    Untung Ada Ramadan, Bulan Penuh Berkah!

    Sore yang cerah dilangit Jogja, seperti biasa sempatkan diri untuk bersepeda meski hanya sebentar, mungkin karena hawa yang panas jadi lemes begitu berasa, mendadak pengen istrihat dan tempat istirahat paling adem adalah di warnet dan biar lebih bermakna posting blog saja deh, sekalian ikut ngablogburit karena kemarin-kemarin gak ikutan. Kebetulan temanya adalah berkah ramadan, cukup menarik karena berkah ramadan itu memang nyata dirasakan oleh semua orang, itulah mengapa bulan ramadan disebut dengan bulan penuh berkah. Berkah ramadan yang bisa langsung dirasakan adalah berkah duniawi, misal berkah berupa materi atau uang. Berkah yang berhubungan dengan materi itu misalnya: Bagi yang mau memanfaatkan moment ramadan ini untuk mencari keuntungan ekonomi jelas peluangnya besar, lihat saja
    Read More
  • 15

    Jul

    Nahan Nafsu Itu Menyenangkan, Tapi Susah Dijalankan!

    Buat yang udah gede pasti pada puasa kan? Puasa itu adalah salah satu ibadah wajib bagi muslim yang udah gede alias baliq, kalo udah gede gak puasa berarti dosa gitu. Nah, yang namanya puasa itu bukan berarti hanya gak makan dan gak minum doang kan? karena kalau puasa itu kita juga harus nahan hawa nafsu yang lain juga, misal nafsu amarah alias emosi, nafsu untuk bohong, nafsu untuk menggunjing orang, nafsu mata jelalatan alias lihat yang tidak-tidak dan nafsu anu lainnya. Nahan Hawa Nafsu Itu Menyenangkan, Tapi Susah Dijalankan! Menyenangkannya adalah ketika kita berhasil menahan hawa nafsu itu berarti kita menang dan dapat pahala sehingga puasa kita gak hanya dapat lapar dan haus belaka namun juga diganjar dengan pahala dariNya. Susah dijalankannya adalah pada prakteknya tidak semua or
    Read More

Search

Author

Widhawati
Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

Recent Post