Terimakasih Sudah Berkunjung
  • 29

    Dec

    2016 ke 2017 Konten Video Makin Diminati, Gimana Agar Tetep Eksis?

    2016 segera berakhir dan 2017 didepan mata, tahun baru identik dengan resolusi ini itu. Nah, buat yang aktif didunia maya terutama blogger apa rencanamu agar tetep eksis didunia maya? sudah siap dengan target-targetnya? mungkin ingin bikin tulisan ini itu, posting sehari 3 kali atau lain sebagainya. Kalau ngomongin soal ‘agar tetep eksis’ itu berarti harus punya planning, harus bisa menganalisa apa yang sedang atau akan tren. Jadi sebenarnya ngasal aja gak cukup! Seperti misal akhir-akhir ini atau beberapa waktu kedepan konten video atau vlog makin disukai, selain itu niche wisata ngehit banget gitu ya. Dan sayangnya apa yang ngehit bekalangan ini sama sekali gak menguntungkan bagi blogger sepertiku! Kenapa? aku sekedar gaya-gayaan selfie gitu aja malu apalagi kalo sampai ngev
    Read More
  • 2

    Sep

    Menulislah Maka Kamu Akan Menemukan Dan Ditemukan

    Bicara atau untuk banyak bicara itu bukanlah hal mudah bagi setiap orang, aku sendiri dalam kehidupan nyata cinderung tidak banyak bicara. Aku memang biasanya lebih suka diam dan mengamati, yah intinya aku cinderung berkepribadian introvert. Meski tidak banyak bicara tapi aku banyak menulis di blog, jadi bisa dibilang ramainya hanya dalam bentuk tulisan aja. Memang kadang masalahnya adalah ketika bertemu orang yang mengenal lebih dulu dari blog baru kemudian bertemu. Lalu dibilang “kok pendiam? aku kira orangnya ramai” dan semacamnya yang intinya dalam kehidupan nyata tak seperti yang tergambarkan dari gaya diblognya gitu. Seolah pada ketipu gitu loh. Jika ada orang yang merasa tertipu seseorang yang didunia maya (dalam bentuk tulisan ramai) dan didunia nyata lebih diam, itu b
    Read More
  • 26

    Feb

    Suka Nulis Itu Belum Tentu Cocok Nulis Buku

    Baru-baru ini aku menemukan sebuah rumus yang bunyinya “suka nulis itu belum tentu cocok nulis buku”. Ini tercetus karena beberapa kali aku berkumpul atau ikut acara yang isinya adalah mereka para penulis buku atau orang-orang yang berambisi menulis sebuah buku. Kalo sekedar suka nulis, ya aku memang suka nulis, tapi untuk nulis buku? Aku rasa aku tidak atau belum cocok. Kenapa? Karena memang gak berambisi nulis buku gitu. Menurut penelitian ngasal yang aku lakukan, dimana aku membandingkan diriku dengan dirinya yang memang penulis buku sebut saja Mini GK, aku menemukan rumus baru yakni “apa yang suka dibaca itu berkaitan dengan apa yang suka ditulis”: Misal aku suka-nya baca berita atau informasi terbaru wal hasil memang aku sukanya nulis sesuatu berkaitan dengan
    Read More
  • 21

    Jan

    Dari Blog Menjadi Buku

    Seperti yang aku ceritakan dipostingan Kopdar Itu Sederhana, bahwa dalam sebuah acara bertemakan tentang tulis menulis aku sudah dapat point namun masih dalam bayang-bayang, nah sekarang saatnya menuangkan dalam bentuk tulisan agar lebih bermanfaat dan tidak terlupakan begitu saja. Penyampaian materi waktu itu lebih banyak ke dalam bentuk cerita bergambar, pematerinya Wisnu Nugraha wartawan dari anu, sebut saja inisialnya ya, yaitu Kompas *eh-eaaa. Dari blognya ia menerbitkan sejumlah buku yang berisi tentang pak SBY atau hal-hal diseputar istana, karena memang tugasnya di Istana Presiden saat yang jabat pak SBY kemarin. Cerita-cerita yang diangkat adalah hal-hal yang sekilas sih sederhana bahkan cinderung gak penting, mulai dari tailalatnya pak SBY, saimbara berburu kucing di Istana, pro
    Read More
  • 13

    Dec

    Cara Menulis Opini Yang Keren

    Judul sengaja pakai kata keren agar kesan pertamanya adalah sok keren, ceritanya ikut sebuah acara yang materinya tentang cara penulisan opini. Sengaja pula aku tulis hasil duduk diamku yang sok meresapi materi tentang penulisan opini oleh bapak ST. Kartono seorang guru dari salah satu SMA di Jogja, sebut saja SMA Kolese De Brito Yogyakarta. Kalo misal materi yang aku dapati tidak mampu aku terapkan, setidaknya teman-teman bisa menerapkannya sehingga jatuhnya teman-temanlah yang lebih keren ketimbang aku, gak papa aku iklas (*halah). Sebenarnya aku males kalo ikut acara dengan materi-materi yang keren, kenapa? Karena biasanya akan membuatku merasa lebih berdosa, ya misalnya aja biasanya aku nulis opini diblog cinderung seenaknya belaka, tapi tiba-tiba dicekoi materi keren (materi keren d
    Read More
- Next

Search

Author

Widhawati
Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

Recent Post