Terimakasih Sudah Berkunjung

Anies Singgung Pribumi? Coba Simak Dulu Pidato Lengkapnya!

17 Oct 2017

Kemarin sempat menebak-nebak entar ada kehebohan apa ya ketika pelantikan Gubernur DKI yang baru? dan akhirnya terjawab sudah yakni kehebohan pidato perdana Anies yang menyinggung atau membawa-bawa istilah ‘PRIBUMI’.

Ketika aku online facebook ada berita judulnya “Anies: Kini Saatnya Pribumi Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri”. Sesaat rasanya kesal, masak iya pak gubernur ngomong gitu? secara logika kata Pribumi itu rasanya rasis gimana gitu kan.

Karena penasaran akhirnya cari pidato Anies versi lengkap dan ternyata memang ada satu kata “pribumi”. Berikut potongan pidatonya:

…..Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai Jakarta ini seperti yang dituliskan pepatah Madura. Itik telor, ayam singerimi. Itik yang bertelor, ayam yang mengerami……

Dan ketika media bikin berita judulnya “Anies: Kini Saatnya Pribumi Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri”, sudah otomatis pembaca judulnya heboh (kalau boleh jujur sih sebenarnya judul berita yang sedemikian rupa itu bisa memancing emosi seketika, tapi sepertinya judulnya sekarang sudah agak diganti tapi sudah kadung jadi meme disana-sini sih). Nah buat yang pada heboh, coba deh baca dulu pidato lengkapnya. (Ini Pidato Lengkap Anies Usai Dilantik).

Padahal secara keseluruhan pidato pak Anies itu bagus tapi ya gitu deh karena ada istilah satu kata “Pribumi” seolah pidatonya langsung dianggap cacat.

Menurut versi ketak-ketik memang kurang pantes bila harus menyinggung atau menggunakan istilah pribumi walau hanya sedikit karena istilah ini sangat rawan, buktinya tuh pidatonya pak Anies bikin heboh. Meski aslinya pasti pak Anies sendiri gak bermaksud untuk rasis tapi orang yang mendengar atau membaca kata pribumi itu bisa berfikir macem-macem.

Ketak-ketik sih setuju banget dengan Instruksi Presiden Nomor 26 Tahun 1998 tentang “MENGHENTIKAN PENGGUNAAN ISTILAH PRIBUMI DAN NON PRIBUMI DALAM SEMUA PERUMUSAN DAN PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN, PERENCANAAN PROGRAM, ATAUPUN PELAKSANAAN KEGIATAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN”.

Oke oce, Selamat bekerja buat Gubernur baru (pak Anies dan pak Sandi) semoga bisa memberikan yang terbaik untuk warga Jakarta. Buat semuanya mari beri kesempatan buat pemimpin yang baru untuk bekerja, jangan dulu dinyinyirin ataupun ditagihin ini itunya. *Dilihat aja dulu gitu entar kinerjanya gimana, yang penting saat ini tahan…. jangan digaduhin dulu!

 

Salam ketak-ketik,
dr pojokan

 


TAGS Ketik Berita Politik

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post