Terimakasih Sudah Berkunjung

Blokir Situs Tak Efektif, Inikah Strategi Paling Pas Memerangi Hoax?

3 Feb 2017

Lagi-lagi ngomongin soal hoax nih, baca-baca berita sih pemerintah ubah strategi untuk memerangi hoax karena blokir situs diakui tidak efektif! Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan bahwa memerangi hoax itu gak hanya dilakukan di hilir seperti pemblokiran situs.

Nah, maka dari itu tahun 2017 ini pihaknya akan fokus memerangi hoax di hulu yakni membuat masyarakat sehat bersikap di dunia maya. Pemerintah akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait konten didunia maya.

Upaya untuk membuat masyarakat bisa menyaring informasi sendiri itu dirasa lebih efektif. Kalau masyarakat sadar dan bisa memproteksi diri sendiri itu justru lebih baik.

Selain itu media online diharapkan membuat informasi yang sesuai aturan, tidak asal menjadi yang pertama mengabarkan tapi harus lebih dulu melakukan klarifikasi dan verifikasi sehingga informasi yang didapat masyarakat adalah informasi yang benar, bukan yang belum pasti apalagi hoax!

Ya gitu deh, blokir situs memang gak efektif karena nyatanya mereka diblokir muncul lagi, muncul lagi. Misal yang tadinya dot com jadi cot info atau dot net dll.

Dan sosialisasi - edukasi masyarakat ini juga penting banget karena nyatanya sebagian besar pengguna sosial media itu seolah main asal aja. Asal percaya, asal komen, asal share dll tanpa peduli informasi itu benar atau enggaknya.

Memang ada yang ngeyelan atau kadung jadi pembenci tapi siapa tau dengan program edukasi itu masyarakat dapat pencerahan. Sehingga diharapkan masyarakat gak lagi modal asal percaya, asal komentar, asal share dan semacamnya.

Oh iya untuk yang situs-situs penebar hoax itu kan kan salah satu motifnya adalah motif ekonomi yakni meraup penghasilan dari iklan, mungkin kalo motif ekonominya itu diputus bisa jadi itu termasuk memerangi hoax. Karena kalo mereka gak dapat hasil (uang) otomatis akan mundur teratur. Tapi apa bisa main blokir iklan mereka? entahlah, mungkin google bisa membantu.

Mungkin ada yang punya ide jitu buat memerangi hoax? Satu yang pasti hoax tumbuh subur didunia maya karena peminatnya juga banyak, entah karena masyarakatnya yang gak tau atau mungkin gak mau tau dan itulah mengapa edukasi ke masyarakat itu penting. Mari turut memerangi hoax dimulai dari diri sendiri!

Salam Ketak-ketik,
dr Pojokan

 


TAGS Teknologi Ketik Tekno Ketik Berita

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post