Terimakasih Sudah Berkunjung

Siapa Sebenarnya Target Promo-promo Diskon Yang Menggoda Itu?

1 Sep 2016
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • Promo berupa diskon adalah salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Dengan pemberian diskon diharapkan bisa menarik minat pembeli, karena memang orang-orang pada umumnya suka dengan yang namanya diskon atau potongan harga yang seolah membuat harga barang jatuhnya lebih murah meriah gitu.

    Entah penjual online atau offline banyak yang menerapkan strategi diskonan, terutama retail-retail besar seperti matahari, carrefour dan sekitarnya. Aku sendiri gak suka ke mall tapi bukan berarti bebas dari godaan diskonan, karena didunia maya promosi-promosi diskon itu juga tak kalah menggoda.

    Aku memang kadang beli ini itu via online, dan jujur saja ada faktor-faktor yang jadi pertimbangan. Pertama cari yang gratis ongkir dan kedua cari yang diskonan. (*hehehe…ya gitu deh, yang diincer gak jauh-jauh dari diskon).

    Kalau sudah kerasukan diskon-diskon yang gentayangan itu kadang gak sadar beli sesuatu yang sebenarnya gak begitu diperlukan alias gak urgent! Misal nih:

    Kemarin pernah tuh beli lampu, aku lihat taglinenya ‘Lampu pengusir serangga’ yang intinya bisa membasmi nyamuk. Aku pikir-pikir dikamar gak ada nyamuk, pas musim nyamuk kalaupun ada itu Cuma beberapa aja dan mungkin hanya nyamuk nyasar. Yakin deh gak beli! Tapi begitu lihat diskon dan harga yang jatuhnya jadi murah banget eh mendadak aku beli. Begitu barang sampai rumah dicoba, ‘ah gini doang???’ dan akhirnya gak kepakai sih.

    Terus lagi jam tangan, udah ada beberapa jam jarang dipakai eh begitu lihat jam diskonan kemarin sempat beli juga.

    Hingga akhirnya konsentrasi penuh, harus tobat dan berharap jangan sampai lagi tergoda godaan-godaan diskon yang terkutuk itu kecuali kalau memang barangnya benar-benar dibutuhkan.

    Jadi berdasarkan apa yang aku rasakan, yang namanya diskon itu memang sangat efektif menggoda agar orang tertarik membeli bahkan pada barang-barang yang sebenarnya kebutuhan akan barang itu tidak terlalu mendesak. Mungkin itulah mengapa retail-retail seperti matahari, carrefour dll itu selalu obral diskon.

    Memprihatinkannya adalah ketika target diskon itu salah sasaran, misal nih nyasar ke orang yang lagi gak punya duit dan sebenarnya kebutuhan barang itu tidak mendesak tapi karena lihat harga barang kena diskon jadi murah akhirnya dia nekat beli barang itu dengan cara utang gitu. Yah bagi penjual sih seneng-seneng aja karena dagangannya laku.

    Dan perhatikan, biasanya diskon-diskon itu bernuansa warna merah biar semakin menggoda. Sesungguhnya target diskon itu adalah kita (konsumen), mempan atau enggaknya tergantung iman kita *gak dhing. Intinya sih harus punya prinsip kalau gak butuh barang itu ya gak perlu beli, gak peduli seberapa besar diskonnya dan seberapa murah harganya.

     

    Salam ketak-ketik,
    dr Pojokan


    TAGS Bisnis Ketik Bisnis

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post