Terimakasih Sudah Berkunjung

Tradisi Reog Brijo Lor Saat Lebaran Tetap Terjaga Diera Globalisasi

8 Jul 2015
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • Gak terasa lebaran sebentar lagi, tinggal menghintung hari nih. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang mempunyai ciri khas baik dari segi suku, adat, kebudayaan dan tata cara kehidupan. Budaya tersebut mempunyai nilai -nilai sosial dan seni yang tinggi. Masing-masing budaya memiliki ciri khas tersendiri yang akan membentuk sebuah kebudayaan lokal.

    Ngomongin soal tradisi lebaran didaerahku ada tradisi reog Brijo Lor yang diadakan hanya setahun sekali yakni saat lebaran, biasanya digelar sehari setelah sholat ID kecuali kalo bertepatan dengan hari Jumat, maka digelar dihari sabtunya alias hari ke 2 setelah sholat ID itu karena hari Jumat dianggap sebagai pantangan alias tidak boleh main reog dihari Jumat gitu.

    Pertunjukan itu diadakan dihalaman masjid, kerenya tradisi reog brijo lor ini tetap bertahan diera globalisasi seperti saat ini. Tau gak sih? tradisi reog tersebut sudah ada sejak jaman dulu kala, sebelum aku lahir udah ada tuh. Kata simbahku sih, dari tahun 1960-an udah ada itu.

    Reog Brijo Lor itu sangat erat dengan mitos Ki Ageng Glego yang dianggap sebagai sumber kekuatan masyarakat dalam menjalani hidup. Seluruh keturunan dari Ki Ageng Glego merasa tentram dan sejahtera dalam menjalani kehidupan karena merasa mendapat perlindungan dan pengayoman serta berkah dari Ki Ageng Glego.

    Secara religius, pertunjukan kesenian ini berfungsi sebagai penghormatan kepada Ki Ageng Glego yang telah menyebarkan ajaran agama Islam di wilayah Kalikebo. Ki Ageng Glego dengan kegigihan dan kerja keras mampu melaksanakan perintah suci yaitu menyebarkan ajaran agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa pertunjukan Seni Naluri Reog Brijo Lor merupakan pengulangan peristiwa sejarah masa lalu.

    Selain itu, pertunjukan Seni Naluri Reog Brijo Lor berfungsi sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME. Segala sesuatu yang ada di dunia merupakan kuasa Tuhan sehingga manusia memiliki kewajiban untuk menyembah-Nya dan mensyukuri apapun karunia yang telah diberikan kepada manusia.

    Yah, pokoknya mistis gitu deh! Yang pasti sedari kecil yang aku anggap menarik adalah ketika pertunjukan berlangsung ada semacam pasar dadakan. Banyak penjual yang menjajakan barang dagangannya yang tertata di pinggir jalan masuk menuju ke tempat pertunjukan Reog Brijo Lor. Barang dagangannya pun bermacam-macam, ada penjual beragam mainan anak-anak, makanan dan minuman, cindera mata, dan lain sebagainya.

    Khusus untuk penjual mainan anak-anak itu sangat menarik bagi anak-anak dimana momen-nya pas gitu, kan biasanya saat lebaran anak-anak kecil dapat uang atau ampau atau fitrah nah disitulah biasanya anak-anak membelanjakan uang mereka untuk beli mainan. Jadi anak-anak didaerahku itu rata-rata punya mainan baru saat lebaran.

    Sebenarnya reog-nya biasa aja, gak ada acara seperti aksi makan beling atau sejenisnya tapi tetep aja acara tradisi reog brijo lor setiap lebaran selalu menarik antusias warga, dedesak-desakan itu sudah pasti, sehingga kadang rawan copet juga. Aku pernah punya koleksi foto-foto keramaiannya tapi sayang fotonya ada di laptopku yang sudah rusak dan gak bisa dibuka lagi. Satu-satunya foto yang tersisa hanya foto yang aku pasang diawal postingan itu meski hanya berupa foto spanduk gitu, dimana itu aku ambil tahun 2010, sempat aku upload jadi filenya masih ada.

    Itulah tradisi lebaran yang ada didaerahku, tepatnya di desa Kalikebo, Trucuk, Klaten, Jateng. Sebagai salah satu tradisi Indonesia, tradisi reog brijo lor cukup terjaga hingga saat ini meski keberadaanya mungkin hanya populer dimasyarakat sekitar aja gitu.

     

    Salam Ketak-Ketik,
    dr Pojokan


    TAGS ngablogburit2015 ngaBLOGburit2015

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post