Terimakasih Sudah Berkunjung

Suka Nulis Itu Belum Tentu Cocok Nulis Buku

26 Feb 2015
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • apa-yang-suka-dibaca-itu-berkaitan-dengan-apa-yang-suka-ditulisBaru-baru ini aku menemukan sebuah rumus yang bunyinya “suka nulis itu belum tentu cocok nulis buku”. Ini tercetus karena beberapa kali aku berkumpul atau ikut acara yang isinya adalah mereka para penulis buku atau orang-orang yang berambisi menulis sebuah buku.

    Kalo sekedar suka nulis, ya aku memang suka nulis, tapi untuk nulis buku? Aku rasa aku tidak atau belum cocok. Kenapa? Karena memang gak berambisi nulis buku gitu. Menurut penelitian ngasal yang aku lakukan, dimana aku membandingkan diriku dengan dirinya yang memang penulis buku sebut saja Mini GK, aku menemukan rumus baru yakni “apa yang suka dibaca itu berkaitan dengan apa yang suka ditulis”:

    Misal aku suka-nya baca berita atau informasi terbaru wal hasil memang aku sukanya nulis sesuatu berkaitan dengan apa-apa yang sedang heboh seperti diblog ini. Nah, sementara itu waktu aku tanya ke Mini GK dirinya memang suka baca novel wal hasil memang dia sukanya nulis buku novel gitu. Kalo misal orang sukanya baca timeline ya mungkin dia sukanya nulis status gitu, apalagi kalo yang dibaca timeline-nya mantan, *eaaaaa….

    Rumus umumnya adalah “penulis yang baik pastilah pembaca, pembaca belum tentu penulis”.

    Jadi meski rumus orang bilang” nulis itu gampang, nerbitin buku itu mudah”, tapi kembali lagi ke gairah masing-masing, karena nyatanya modal suka nulis pun belum tentu cocok kalo nulis buku.

    Disinilah aku merasa “pantes sih, aku gak jadi penulis buku, lahwong aku sukanya cuma baca berita-berita aja dan sama sekali gak suka baca buku apalagi novel”. Menurutku baca novel atau sebangsanya itu serasa minum obat tidur, terus apalagi kalo novel itu fiktif, rasanya seperti ditipu karena mikirnya ‘ah ceritanya kan gak nyata gitu’. Inilah letak kerusakan mindset-ku yang gak bisa iklas kalo baca novel fiktif karena merasa dibohongin. Aneh ya aku?

    Jadi kalo misal aku ingin menulis buku harus berobat dulu, terapi mindset yang rusak dan kemudian rajin membaca, agar supaya puing-puing imajinasi bersemi dan menua menjelma menjadi sebuah buku dengan judul “anu apa gitu” misalnya.

    Terkadang aku pun heran, kok aku suka ikut acara-acara dengan tema tulis menulis buku tapi aku-nya sendiri gak ada greget untuk menulis buku. Mungkin aku ikut sekedar refreshing aja sih, atau modus kopdar biar jumpa makluk lainnya, yang jelas gak untuk berburu gudibiek gitu loh ya.

    Endingnya, disinilah aku rasa cocok ngaku blogger aja bukan penulis novel atau sebangsanya. Gimana dengan kamu?

    Salam Ketak-Ketik,
    dr pojokan


    TAGS suka nulis nulis buku

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post