Terimakasih Sudah Berkunjung

Cara Menulis Opini Yang Keren

13 Dec 2014

cara-menulis-opini-yang-baik-keren-bagusJudul sengaja pakai kata keren agar kesan pertamanya adalah sok keren, ceritanya ikut sebuah acara yang materinya tentang cara penulisan opini. Sengaja pula aku tulis hasil duduk diamku yang sok meresapi materi tentang penulisan opini oleh bapak ST. Kartono seorang guru dari salah satu SMA di Jogja, sebut saja SMA Kolese De Brito Yogyakarta. Kalo misal materi yang aku dapati tidak mampu aku terapkan, setidaknya teman-teman bisa menerapkannya sehingga jatuhnya teman-temanlah yang lebih keren ketimbang aku, gak papa aku iklas (*halah).

Sebenarnya aku males kalo ikut acara dengan materi-materi yang keren, kenapa? Karena biasanya akan membuatku merasa lebih berdosa, ya misalnya aja biasanya aku nulis opini diblog cinderung seenaknya belaka, tapi tiba-tiba dicekoi materi keren (materi keren dibaca materi yang seolah penuh dengan aturan, harusnya gini gitu ginu nganu ngene ngunu), terus menurutmu gimana perasaanku? (*halah)

Beberapa point tentang cara menulis opini yang aku dapati adalah sebagai berikut:

  • Menulis opini itu dimulai dari hal yang kongkrit, tentang waktu-tempat-nama-dllnya disampaikan dengan jelas. Tujuan nulis opini itu adalah memberitau, mempengaruhi, meyakinkan bankan membuat kontroversial. Dan setidaknya opini itu adalah menerjemahkan masalah yang rumit menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. (YANG MEMBUAT aku merasa berdosa adalah kayaknya aku kalo nulis gak gitu-gitu amat sih, masih merasa dangkal gitu kalo nulis)
  • Tentukan Sikap, perpihak kemana? Karena ketika ada suatu masalah kemudian kita akan menyampaikan sebuah opini tentang masalah itu, tentu kita akan memiliki kecenderungan membuat tulisan yang didalamnya menyampaikan apakah menyetujui, menambahi/melengkapi, menolak/menentang, netral dengan memberikan alternatif/solusi atau bahkan mengkritisi secara mendalam. (YANG MEMBUAT aku merasa berdosa adalah aku masih sering bersikap netral, udah gitu tanpa solusi lagi, parah deh aku)
  • Soal tema, pilih saja tema yang aktual, relevan dengan persoalan dimasyarakat, sajikan secara menarik, pertajam tema dengan mengambil sudut pandang yang khas, cari data yang cukup sehingga penulisan tidak berputar-putar dan menulis itu harusnya dalam/tajam bukan melebar. (YANG MEMBUAT aku merasa berdosa adalah kadang aku masih suka sengaja nulis muter-muter sampai berbelit-belit dengan satu tujuan yang pasti yakni biar postinganya kelihatan panjang)
  • Menulis opini bukan berarti tanpa resiko, maka dari itu sampaikan dengan cara yang halus, jangan langsung mak jlab-jleb menusuk pihak tertentu kalo gak punya data yang mendukung, mungkin maksudnya adalah biar gak kayak si 3 macan 2 ribuan itu loh. (Ini adalah hal yang selama ini bikin aku kadang mikir kalo ingin menuliskan sesuatu, takut berdosa, takut melukai pihak lain *halah..)
  • Menulis itu untuk pembaca bukan untuk kepuasan diri sendiri (INI ADALAH HAL YANG MEMBUAT AKU PALING MERASA BERDOSA KARENA SELAMA INI AKU MEMEGANG PASAL YANG AKU BUAT SENDIRI yakni aku menulis untuk kesenanganku sendiri, pokoke aku nulis/posting, aku seneng, soal pembaca no sekian)

Itulah point-point yang sempat aku tangkap, entah setelah dapat pencerahan seperti itu aku bakal tobat ato enggak tapi ya penginnya sih tobat, kembali kejalan penulisan opini yang keren dan gak lagi seenaknya sendiri, biar pembaca makin kesengsem, kan katanya menulis itu untuk pembaca bukan untuk kepuasan diri sendiri belaka.

Hal yang biasanya membuat orang (termasuk aku, karena diam-diam aku ini juga orang loh ya, yang kadang suka malas) tidak menulis adalah bukan karena tidak ada ide atau takut resiko tapi karena males dan banyak alasan. Kalo versi Mario Teguh sih, untuk mengatasi malas itu ya dengan bertindak sekarang juga, so tulis opinimu sekarang juga, bila perlu rada dipaksakan karena untuk menulis itu hanya butuh pengetahuan, kemauan dan kemampuan, semakin sering dilakukan semakin menjadi kebiasaan. GITU!!!!!

Salam ketak-ketik,
dr pojokan


TAGS menulis opini cara menulis opini menulis opini yang baik menulis opini yang keren menulis opini yang bagus tip menulis opini trik menulis opini materi menulis opini

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post