Terimakasih Sudah Berkunjung

Dibalik Keributan PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD di Facebook

23 Sep 2014
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • pr-matematika-anak-kelas-2-sd-heboh-di-facebookBeberapa hari belakangan ini wall facebook dipenuhi dengan share PR Matematika anak kelas 2 SD. Kalo aku sih di facebook gak share dan gak komen juga tentang itu, tapi kalo sekilas aku lihat sih banyak yang komen itu gurunya **blok atau apalah gitu, karena kalo dilihat hasil akhir angka memang benar, tapi si guru mencoret itu dan memberikan versi jawaban yang terbalik, versi murid 4×6, versi guru 6×4. Di facebook aku bisa cuek, gak ikutan share atau ngributin tapi Dibalik Keributan PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD di Facebook itu aku gak kuat untuk ketik sesuatu diblog, sebenarnya aku bingung mau ngomentari apa, tapi aku sempat mikir:

    Efek Zaman Sosmed
    Mungkin efek jaman sosmed gitu ya, orang-orang kini gampang meributkan sesuatu yang mungkin aslinya simple tapi jadi kemana-mana. Kadang gak tau aslinya kayak gimana tapi buru-buru ikut share dan komentar.

    Beban Guru Itu Berat
    Kalo dipandang enak ya mungkin enak karena kerjanya paling jam 7 sampai tengah hari doang, tapi dibalik itu kan guru itu tanggungjawabnya gede. Mereka dituntut untuk mengajari gimana supaya anak didiknya jadi pintar. Tapi gimana kalo kasusnya seperti Keributan PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD di Facebook itu? mungkin si guru mengajarkan sesuai materi, tapi si kakak anak SD itu mengerjakan yang pokoknya hasil angkanya benar dan sama gitu kan? *aku binggung mau bilang apa, tapi dari sini aku mikir betapa beratnya beban guru, sudah ngajarin tapi kadang disalah-salahin.

    Yang Penting Proses atau Hasil?
    Dibalik Keributan PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD di Facebook itu pula seolah memunculkan sebuah pertanyaan “Yang Penting Proses atau Hasil?”, orang mengartikan pasti berbeda. Kalo dalam kehidupan nyata pasti yang penting hasil soal proses gak masalah karena banyak jalan menuju roma katanya, jadi mau lewat mana aja toh sama-sama sampai ke roma gitu. Tapi dalam kehidupan mengerjakan soal disekolah pasti proses itu diulas secara detail, bahkan yang level atas pakai dimasuk-masukin pakai rumus atau apalah gitu, salah rumus tapi jawaban benar pun bisa jadi dianggap salah gitu kan. Pernah sekolah kan? masih ingat gimana dulu harus ngerjain soal dengan rapi gitu kan? walaupun dulu juga sempat terpikirkan “ngapain sih belajar kayak gini, emang nanti kalo kerja dipakai?” yah kalo cuma hasilnya yang dinilai, betapa enaknya matematika itu, tinggal bawa kalkulator bereslah sudah. Dan sekarang aku tau kenapa dulu waktu SD disekolah pakainya sempoa bukan kalkulator, karena mengajarkan logika atau nalar bukan cara atau hasil instans!

    Antara Konsep dan Konteks
    Bagi yang menyimak lebih lanjut kehebohan PR Matematika anak kelas 2 SD itu, pasti sudah membaca penjelasan versi orang-orang dibidang matemetika kan? Secara ringkas Dosen matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Rizky Rosjanuardi, menjelaskan:

    Secara garis besar dapat dipahami pengertian konsep berkaitan terkait sesuatu yang abstrak. Namun secara ilmu matematika, konteks menjadi hal yang jauh lebih penting. Dia mencontohkan 4 X 6 dengan soal cerita. Secara konsep diartikan bahwa ada empat orang membawa enam kantong kresek, hal tersebut berbeda dengan konteks yang diartikan bahwa ada enam orang membawa empat kantong kresek. Secara konsep, 6 kali 4 bisa berbeda, tetapi matematika tidak selamanya dikatakan konsep 6 kali 4 bisa berbeda. Itu mengapa terjadi, karena matematika dipaksakan konseptual. Menurutnya, permasalahan perbedaan tempat antara 4 dan 6 di soal siswa kelas 2 SD bukan hal yang urgen. Menjadi serius ketika guru memberikan pemahaman kontekstual terhadap konsep matematika anak SD. Karena siswa berpikir konseptual.

    Pantaskah untuk anak kelas 2 SD
    Kalo soal seperti itu tapi penjelasannya rumit gitu ya mungkin buat anak SD pusing tuju keliling tapi ya pinter-pinternya si guru menjelaskan, tapi mungkin kalo ngajarinya langsung saja tanpa mikirin “kenapa itu beda kan hasilnya sama” ya lain lagi ceritanya, misal 4+4+4+4+4+4 = … x …. = …. itu cara ngerjainnya angka 4 nya dihitung lebih dulu, jumlahnya ada berapa? ada 6 kan itu? angka 6 taruh depan baru angka 4 diisi dititik yang belakang, jadi nanti gini 4+4+4+4+4+4 = 6 x 4 = 24, gitu anak-anak. Atau gini, lihat disitu yang baris angka berapa? angka 4 kan, nah angka 4 tulis dulu di titik-titik yang dibelakang, terus itung angka empat yang baris ada berapa? 6 kan? taruh didepan, jadinya 4+4+4+4+4+4 = 6 x 4 = 24. *ah entahlah…gak bakat jadi guru SD aku, jadi blogger aja biar aman. Tapi kalo sebelumnya tidak dijelaskan cara mengerjakannya sehingga siswa bebas ngerjain sendiri ya gak salah juga sih kalo ada yang jawab 4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 = 24.

    Pelajaran Bagi Wali Murid Ketika Ngajarin Anak, Adik, Keponakan atau sebangsanya
    Suatu saat ketika kita yang biasa hidup dalam kehidupan nyata dimintai ngajarin PR , setidaknya pelajari materinya pasti ada pentunjuk, jadi coba bantuin ngerjain sesuai dengan materi cara mengerjakannya, jangan maksain cara kita meski hasilnya sama, Gitu! Tapi gimana kalo gak ada materi atau pentunjuk cara ngerjainnya? sedangkan si anak beralasan atau ngeles disekolah belum diajari cara ngerjainnya? eaaaa… *mikir keras

    Ah… entahlah… yang pasti sih gara-gara Keributan PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD di Facebook itu mungkin jadi banyak yang tau bahwa kalo ada soal 4+4+4+4+4+4 = … x …. = …. maka jawabnya 4+4+4+4+4+4 = 6 x 4 = 24 bukan 4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 = 24, dari pelajaran anak SD jadi pelajaran untuk kita semua….intinya posisi itu mempengaruhi *eaaaa

    salam ketak-ketik,
    dr pojokan

    Baca postingan sebelumnya Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja


    TAGS PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD di facebook heboh PR MATEMATIKA Anak Kelas 2 SD

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post