Terimakasih Sudah Berkunjung

Perpanjangan SIM Itu Tidak Rumit dan Tidak Mahal

8 Sep 2014
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • tarif-pembuatan-atau-perpanjangan-sim-resmiKenapa judul postingannya kok gak “Perpanjangan SIM Itu Mudah dan Murah” saja gitu? sengaja sih, biar lain aja, entah lebih menarik yang mana pokoknya cuma mau banyak ketak-ketik yang intinya perpanjangan SIM itu TIDAK RUMIT dan TIDAK MAHAL. Yah, selama ini tak jarang orang yang menganggap bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan polisi lalulintas itu rumit dan mahal, entah urusan ketilang atau bikin-perpanjangan SIM dan sekitarnya. Maka dari itu tak sedikit juga orang yang cinderung menempuh jalan nembak atau nyogok atau apalah bahasanya.

    Ceritanya sebagai sosok yang taat (*halahhhh), aku harus perpanjangan SIM (C) maksimal akhir bulan Agustus 2014 karena tanggal kadaluarsonya awal-awal September gitu. Kalo berdasarkan gosip-gosip tetangga sih biayanya mahal gitu ada yang habis 350rb bahkan 450rb, tapi kalo aku baca info-info diinternet biaya perpanjangan SIM C itu cuma 75rb aja gitu, makanya aku bertekat untuk lekas membuktikan dengan ancaman dalam hati “awas saja kalo mahal beneran dan tidak sesuai tarif yang berlaku, bakalan aku ketak-ketik sepanjang dan selebar mungkin”.

    Selain cari info secara online, sebelumnya aku juga coba tanya teman dulu cara perpanjangan SIM gimana (terutama di Klaten, karena aku orang Klaten). Kalo baca penjelasan teman sih emang serasa rumit, beli map, fotocopy KTP dan SIM, KIR dokter, gitu-gitu. Waktu aku bilang kok rumit? dengan menyinyirnya dia bilang “yowis bayar calo kono kari ongkang-ongkang”. Ya udah lah, pokoknya harus berangkat sendiri, urus sendiri, biar tau, biar ngerasain, biar bisa posting juga kalo ada apa-apa.

    Karena ternyata hari Sabtu buka, akhirnya aku pilih berangkat hari Sabtu saja, tepatnya tanggal 30 Agustus 2014. Berangkat jam 8 pagi dari rumah, waktu mau berangkat pun sempat dengar tetangga bilang “jarene SIM ki saiki angel loh, …. dan seterusnya pokoknya serasa nakut-nakuti (yang aku tau sih dia belum lama ini habis nganterin adiknya bikin SIM habis 400rb)”. Halah, aku sih cuek saja, tetep ngacir sendirian ke TKP.

    Sesampai di TKP sempat clingukan, sudah banyak orang ngisi-ngisi semacam formulir, sempat diam sesaat mengamati itu orang-orang dapat formulir gimana caranya. Lalu tanya saja ke orang yang didalam loket, dijawabnya “foto copy KTP-SIM lama, dan surat keterangan dokter dulu mb”. Lalu keluar ke tempat fotokopi, habis 2rb buat kopi KTP dan sim serta beli map biru. Ibu tukang fotokopi langsung nunjukin, “mb itu KIR dokter disitu, dari pada nanti keluar lagi”, langsung masuk langsung bayar 25rb langsung disuruh baca angka-angka apalah itu yang pasti aku sempat disewoti ibu petugasnya “aahh dilihat dulu baru ngomong” terus ditanya kalo baca pakai kaca mata gak, jawab gak, langsung beres. Lalu balik lagi ke loket ambil formulir, dilanjutin bayar ke loket BRI 75rb, kemudian masukin berkas-berkas ke loket berikutnya, nunggu dipanggil, foto, nunggu lagi, dipanggil lagi bayar 2rb, jreng-jreng SIM baru sudah jadi. Udah gitu aja, prosesnya gak sampai 2 jam, tapi mungkin tergantung antrian juga kali ya.

    TIDAK RUMIT
    Karena syaratnya cuma foto copy KTP dan SIM Lama serta Surat Keterangan Dokter, masukin dalam map biru yang bisa dibeli ditempat fotokopian. Tak perlu ribet pula karena sudah pasti disekitarnya ada tukang fotokopi, jadi foto kopi disitu saja. Surat keterangan dokter juga sudah pasti ada disekitarnya. Kalo sudah lengkap tinggal ikuti permainan dari loket 1 ke loket-loket berikutnya, gampang dan cepat kok prosesnya. Kalo misal gak paham tinggal tanya petugas atau tanya sesama pencari SIM.

    TIDAK MAHAL
    Tidak mahal disini dalam artian tak semahal tarif calo atau gosip-gosip tetangga yang katanya perpanjangan SIM C nya habis 350rb-an bahkan 400rb-an. Kalo aku total sih biayanya habis Rp 106.000, dengan rincian:

    Fotokopi KTP-SIM, Map —> Rp 2.000,00
    KIR Dokter —> Rp 25.000,00
    Biaya Perpanjangan (loket BRI) —> Rp 75.000,00
    Loket Pengambilan SIM –> Rp 2.000,00
    Parkir —> Rp 2.000,00

    Total Rp 106.000,00 bener kan?

    Kalo bikin SIM baru kurang lebih sama hanya bedanya ada tahab tes teori dan praktek, sama beda biayanya yakni 100rb bukan 75rb (untuk SIM C loh ya).

    Perpanjangan SIM Itu Tidak Rumit dan Tidak Mahal adalah pengalaman per 30 Agustus 2014. Kalo suatu saat ada perubahan karena mengikuti peraturan yang berlaku ya gak tau juga, karena eh karena tahun 2013 sempat ada slentingan yang konon kalo SIM habis harus ngajuin lagi semacam bikin SIM baru bukan lagi perpanjangan dan itu seyogyanya diperlakukan per 1 Maret 2013 TAPI BATAL diberlakukan saat itu dan dinyatakan di TUNDA hingga batas waktu yang belum dipastikan. Kenapa ditunda? karena konon masih banyak yang harus dikaji terutama soal biaya dan juga masalah teknis karena ya itu tadi bila itu diterapkan tidak ada lagi istilah perpanjangan SIM.

    Entah berubah atau tidak nantinya tapi setidaknya kesan rumit itu harus dihilangkan, karena itu bisa menjadi celah jasa calo atau model nembak-nembakan. Karena orang-orang itu cinderung males sama yang dianggapnya rumit, kalo ada pilihan pasti lebih milih bayar sekian tapi tau-tau jadi gitu. Sebagai contoh sederhana ya, gosip-gosip tetangga itu, dimana mereka mengira urusannya rumit sehingga begitu mudahnya milih bayar mahal ketimbang ngurus sendiri. Ketika aku pulang ditanya habis berapa ya aku jawab 106rb, tanggapannya “mosok….” seolah pada gak percaya, bahkan masku pun menyangkal karena temannya habis perpanjangan habis 350rb.

    Gimana? mending urus sendiri saja kan, gak usah pakai calo! Tapi Aku dulu waktu mau bikin SIM baru juga kena calo dhing, karena dulu sifatnya masih cinderung polos gitu (*halaah), cerita dulu kala waktu bikin SIM: sore-sore bareng budhe yang hendak belanja dagangan, ditunjukin tempatnya, dianter masuk terus dengan PeDenya si budhe papasan sama pak polisi lalu bilang mau cari pak siapa gitu, si pak polisi itu jawab bapak yang ditanyakan itu gak ada lalu tanya balik mau ngapain, budhe bilang ponakan mau bikin SIM, bapak itu langsung nawarin sama dia aja gitu bayar 245rb ninggalan KTP terus besuk pas jam kerja suruh datang lagi gitu untuk ikut tes teori dan praktek (cuma buat formalitas, tapi hasilnya tes teori kan langsung dicocokin aku lulus loh waktu itu, jadi rugi aja bayar 245rb itu gitu). Dan kala itu aku tanya ke budhe, tentang bapak yang dicarinya itu siapa, budhe bilang aslinya juga gak tau orangnya, gak kenal juga. Intinya itu modus sok akrab aja gitu! *eaaaaaa….

    Yah, dulu waktu bikin belum begitu akrab dengan Internet, belum begitu tau info-infonya, jadi cinderung ngikut cara gosip-gosip tetangga deh. Dan waktu itu 245rb itu paling murah loh, yang lain diatas 300rb, entah efek modus sok akrab itu atau gimana juga gak tau deh….

    salam ketak-ketik,
    dr pojokan


    TAGS perpanjangan SIM tarif perpanjangan SIM perpanjangan SIM Klaten perpanjangan SIM tidak rumit perpanjangan sim mudah perpanjangan sim murah perpanjangan SIM tidak mahal cara perpanjangan SIM

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • Comment
    • Joko S 2 years ago

      perpanjangan SIM A dan C langsung, di mall gak ribet. total waktu maksimal cuman 30 menit doang, udah temasuk antri. pengurusan perpanjangan SIM kini hadi di mall. hehe…

    • Aryo Seno 2 years ago

      Kalo perpanjangan sekitar segitu mbak.. bisa habis sekitar 300 ribu kalo buat baru karena adanya syarat sertifikat mengemudi juga. hal ini juga dimanfaatkan pembuat sertifikat mengemudi seenaknya nentuin harga. CMIW

    • Abdurahman Baharudin Wahid 2 years ago

      wah, sim ku umurnya masih sampai april 2016.

    -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post