Terimakasih Sudah Berkunjung

ODHA-OHIDHA: Stigma, Diskriminasi dan Harapannya

7 Sep 2013

Hari sabtu, seperti rencana sebelumnya bahwa untuk beberapa weekend mau ketik tema khusus tentang HIV-AIDS maka kini saatnya kembali ketik HIV dan AIDS, apa itu HIV dan AIDS serta bagaimana HIV menjadi AIDS sudah terketik diedisi sebelumnya, kini ganti ketik tentang ODHA-OHIDHA: Stigma, Diskriminasi dan Harapannya. Pasti udah pada tahu kepanjangannya ODHA-OHIDHA tapi ada yang beda loh, dulu OHIDA gak pakai H tapi ini OHIDHA pakai H tapi sama sih cuma ditambahi dikit.

ODHA kepanjangannya Orang Dengan HIV AIDS yakni sebutan Untuk orang-orang yang telah dinyatakan positif terkena HIV AIDS.

OHIDHA kepanjangannya Orang HIdup Dengan HIV AIDS yakni orang yang telah dinyatakan positif terkena HIV AIDS tetapi tetap menjalankan hidupnya dengan melakukan tindakan positif Untuk meningkatkan mutu dan kualitas hidupnya, termasuk yang terpengaruh dengan kondisi tersebut yaitu pasangan, keluarga dan masyarakat.

Yah gitu intinya itu tentang sebutan Untuk si penderita HIV AIDS, Kalau aku WIDHA kepanjangannya WIDHAwati dot blogdetik dot com yakni blog yang isinya Cuma ketak-ketik sesuatu agar Lebih sesuanu dari apa yang telah terbaca, terdengar, terlihat dan terapapun. Ah…Gak dhing, gak ada hubungannya kali…. WIDHA cuma nama, so kembali ke HIV dan AIDS!

Stigma

Stigma atau stigma social adalah sebuah tanda atau ciri tertentu yang menyatakan seseorang dianggap ternoda dan mempunyai watak yang tercela. Perbedaan pemaknaan stigma yang diperoleh ODHA itu dipengaruhi oleh latar belakang kehidupan mereka berasal. Stigma itu juga bisa disebabkan oleh gangguan social berkepanjangan karena kehilangan dukungan dari keluarga dan masyarakat bagi ODHA dan keluarganya.

Diskriminasi

Diskriminasi merujuk pada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Dimana diskriminasi itu bisa terjadi secara:

Langsung yaitu saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu sehingga menghambat adanya peluang yang sama.

Tidak Langsung yaitu saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan dilapangan.

Diskriminasi terhadap ODHA/OHIDHA biasanya terjadi diberbagai tingkatan sosial mulai dari keluarga, masyarakat, institusional maupun nasional.

Harapan

Apa harapannya mereka (ODHA/OHIDHA)? Mereka berharap:

  • Masyarakat semakin paham dengan masalah HIV dan AIDS
  • Sikap diskriminatif dari masyarakat semakin hilang
  • Menghilangkan stigma sosial yang diberikan kepada ODHA/OHIDHA
  • Masyarakat semakin bersedia ODHA/OHIDHA disekelilingnya

Kalau menurut anda dan kamu gimana tentang harapan ODHA/OHIDHA itu? Mungkinkah harapannya bisa terwujud? mengenai stigma itu emang iya sih, biasanya orang yang terkena HIV-AIDS itu cinderung memiliki stigma latar belakang kehidupan yang kurang bagus mungkin sex bebas atau obatan terlarang atau apa gitu. Yang padahal mungkin gak gitu juga kali, karena mungkin aja si penderita itu jadi korban penularan gitu.

Soal diskriminasi ya mungkin aja sih selaku masyarakat tentu cinderung takut pada mereka (ODHA/OHIDHA) karena mungkin takut tertular gitu, karena nyatanya penyakit berbahaya yang bernama HIV-AIDS itu adalah penyakit menular gitu.

Kalau aku sendiri jujur saja takut sih, jadi masih perlu memahami tentang HIV-AIDS. Postingan selanjutnya mengenai penularan HIV AIDS aja deh, tidak menular melaui apa dan menular melalui apa. Karena mungkin selama ini ada yang mengira itu bisa menular melalui apa-apa gitu padahal enggak. Maka dari itu ya mungkin benar juga harapan para ODHA-OHIDHA itu, karena sebenarnya kalau semakin banyak masyarakat yang tau maka masyarakat bisa melakukan tindakan atau upaya biar tak mengidap penyakit itu dan bisa tau bagaimana menyikapi para ODHA-OHIDHA tanpa harus menyisihkannya dari pergaulan.

Salam ketak-ketik
dr pojokan


TAGS ODHA OHIDHA Harapan ODHA-OHIDHA Stigma terhadap ODHA-OHIDHA diskriminasi ODHA-OHIDHA HIV-AIDS HIV AIDS

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post