Terimakasih Sudah Berkunjung

Teknologi Hijau: Mobil Masa Depan Yang Ramah Lingkungan!

30 Apr 2013
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli


  • Air adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, tapi ada yang lebih pokok lagi, apa? Makanan? Bukan, yang lebih pokok itu adalah udara (oksigen untuk bernafas). Manusia bisa bertahan beberapa hari tanpa makanan, tapi manusia tidak bisa bertahan lebih lama tanpa air dan manusia paling tidak tahan jika tanpa oksigen. Betul kan? Karena hanya butuh beberapa saat saja, manusia bisa mati bila tanpa ada oksigen yang dihirup.

    Namun, seperti halnya dengan air yang saat ini makin hari makin banyak sumber air yang tercemari oleh sampah, limbah rumah tangga, limbah pabrik dan lain sebagainya, udara pun juga semakin terpolusi. Dimana sumber polusi udara itu salah satunya berasal dari asap alat transportasi yang biasa kita gunakan setiap harinya.

    gambar google

    gambar google

    Terlebih di perkotaan yang setiap hari jalanan ramai bahkan macet, kebayang gak bagaimana kotornya udara dijalan yang penuh kendaraan itu? Udah macet, udara kotor, gerah, terus emosi, lama-lama kalo gak stres ya darah tinggi. Terus gimana??? Apa harus tahan napas selama kejebak macet? *enggak lah, kalo macetnya sejam bahkan lebih, bisa mati dong.

    Ya, setidaknya harus ada keajaiban terutama dalam hal Teknologi transportasi, karena teknologi yang dibuat saat ini boleh saja berlomba-lomba menampilkan aneka produk transportasi canggih yang kini sudah banyak memenuhi jalan raya, tapi kalo dampaknya suram bagi lingkungan gimana coba? Gak adil bagi masa depan dong ya?

    Beruntung sekarang sudah ada produsen mobil yang menggagas teknologi hijau! Apa itu teknologi hijau? Teknologi yang warnanya hijau gitu? Tentu saja bukan, teknologi hijau itu maksudnya adalah teknologi yang ramah lingkungan. Ceritanya nanti bakal ada yang memproduksi mobil-mobil yang lebih ramah lingkungan dan konon juga bakal lebih ramah dikantong. Ah masak sih? *barang kali itu cuma pencitraan, mentang-mentang lagi musim kepedulian terhadap isu Global Warming gitu.

    Serius!!! Teknologi Hijau bakal selamatkan masa depan dengan mobil ramah lingkungan. Dan itu bukan hanya pencitraan yang sok-sok peduli lingkungan gitu loh ya, itu beneran ada yang mengembangkan teknologi hijau *siapa sih? Daihatsu.

    Nantinya Daihatsu bakal mengembangkan mobil-mobil unik yang ramah lingkungan sehingga diharapkan bisa mengurangi polusi udara yang sudah begitu pengapnya saat ini. Misal, penampakan mobil masa depan dengan teknologi hijau itu seperti ini:

    Unik kan? Terus demi apa, kalo mobil masa depan yang mengusung teknologi hijau itu kok digadang-gadang ramah lingkungan gitu? Ya, demi masa depanlah, masak demi …..

    Lalu, gimana ceritanya kok bisa ngaku-ngaku ramah lingkungan? Karena teknologi hijau yang dikembangkan Daihatsu itu memiliki tiga tahapan yakni:

    1. Teknologi Eco-Idle
    Pada tahap pertama ini, kemajuan yang dikembangkan berdasarkan langkah-langkah kecil, seperti:
    - Perbaikan pada Power train: peningkatan efisiensi pembakaran yang lebih mudah, meningkatkan daya tranmisi CVT melalui pengurangan beban pada mesin.
    - Evolusi Kendaraan: mengurangi berat kendaraan sehingga menjadi lebih ringan.
    - Manajemen Energi: meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan sitem idle yang ototamis mematikan mesin ketika kecepatan melambat, menggunakan sitem generasi kontrol eko untuk memulihkan energi pengereman, efektif berpendingin panas sistem manajemen.

    Intinya teknologi eco-idle ini adalah sebuah teknologi cerdik yang mana bisa memungkinkan mesin akan mati dengan sendirinya ketika kecepatan melambat atau ketika sedang macet sehingga dapat mencapai efisiensi energi dan bahan bakar. Nah, pada teknologi eco-idle ini juga dilengkapi dengan sistem i-EGR yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan bahkan meminumkan keluaran gas CO2.

    2. Mesin dua silinder turbocharged
    Pada tahab ini kemungkinan akan menciptakan teknologi utama dengan cara mengurangi tapi dalam rangka meningkatkan. Aneh ya? Mengurangi kok meningkatkan? Maksudnya adalah mesin yang dibuat itu bakal memiliki komponen yang lebih sedikit, sehingga lebih ringan, serta lebih hemat sumber daya alam. Tahab kedua ini juga dilengkapi dengan
    “active ignition system” dan berbagai Improvement lainnya dengan tujuan untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar lebih dari 30% dibandingkan mesin-mesin Daihatsu yang sudah ada saat ini. Dengan sistem turbo itu pula bakal mewujudkan kenyamanan berkendaran serta hemat bahan bakar meski mesin kecil atau ber-cc rendah.

    3. Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC)
    Pada tahapan ini emisi gas buang CO2 Nol, itu berarti kendaraan yang ramah lingkungan. Dan lagi pembuatan kendaraan menggunakan bahan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih rendah. Selain itu juga bakal mempunyai jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan teknologi fuel cell lain.
    Pada tahab tiga ini pula kemungkinan bakal fokus pada pembuatan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini memiliki kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2, sehingga sudah semestinya zat ini menjadi bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru.

    Itulah, sekilas tentang tiga tahab teknologi hijau yang dikembangkan oleh Daihatsu. Intinya mobil ramah lingkungan itu hemat BBM, menggunakan logam mulia/sumber daya alam yang sedikit dan yang paling penting adalah gas buang CO2 nol. Nah, meski asap mobil itu termasuk penyebab polusi udara tapi ya gak mutlak salahnya asap mobil pribadi saja loh ya, karena penyebab polusi udara bisa juga berasal dari kendaraan lainnya seperti motor, angkutan umum, asap pabrik, asap rumah tangga, asap rokok dan lain sebagainya.

    Adanya sumbangsih terobosan teknlogi hijau pada mobil yang dikembangkan oleh Daihatsu itu diharapkan nantinya bisa membantu pengurangan polusi udara, demi masa depan yang lebih baik terutama untuk pernapasan dan bisa mengurangi dampak Global Warming. Gagasan teknologi hijau untuk menciptakan alat transportasi yang ramah lingkungan, seperti yang dikembangkan Dahiatsu itu adalah ide yang bagus dan harus kita dukung. Untuk saat ini memang teknologi hijau yang ramah lingkungan itu sangat dibutuhkan agar lingkungan tidak semakin rusak.

    Nah, tapi untuk mengatasi masalah polusi udara itu tidak semata-mata dengan mengeluarkan mobil ramah lingkungan lalu udara jadi bebas polusi. Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara adalah penghijauan kembali, karena dengan banyak pohon maka kualitas oksigen juga semakin bagus. Selain itu juga agar tidak memperparah global warming bisa dengan menghemat energi, misal dengan hemat listrik.

    Dan semoga teknologi hijau untuk mobil masa depan yang ramah lingkungan ini nantinya juga didukung dengan faktor jalanan yang lebih bersahabat alias tidak ada ruang macet lagi. Kan gak keren juga, kalo mobil udah keren ramah lingkungan tapi jalanan tetep macet. Tapi kalopun masih ada kemacetan semoga asap yang dikeluarkan tidak memperparah polusi udara.

    Salam Ketak-Ketik “Teknologi Hijau” dari pojokan….


    TAGS Teknologi hijau mobil teknologi hijau teknologi hijau mobil masa depan mobil ramah lingkungan teknologi hijau dahiatsu

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post