Terimakasih Sudah Berkunjung

Anak SMA: Menikah, Dikeluarkan dan Tidak Boleh Ikut UN!

3 Apr 2013
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • gambar ilustrasi diambil dari detikfoto

    gambar ilustrasi diambil dari detikfoto

    Menjelang Ujian nasional itu biasanya dimanfaatkan oleh para blogger yang suka nembak keyword dengan tema bocoran soal, bocoran ujian nasional dan sekitarnya, namun aku lebih tertarik dengan sebuah kisah Anak SMA: Menikah, Dikeluarkan dan Tidak Boleh Ikut UN! bener gak tuh tindakan sekolah itu? entahlah, yang pasti semua punya pandangan sendiri-sendiri.

    Ceritanya (ini cerita yang aku tangkap dari pemberitaan dimedia loh ya):

    Anak SMA itu bernama Sudirman, yang tadinya sekolah di SMA Negeri 7 Kresek, Kabupaten Tangerang namun statusnya sudah dikeluarkan karena pihak sekolah mengetahui bahwa ia telah menikah (Sudirman memang sudah menikah karena menghamili pacarnya). Pihak sekolah menganggap bahwa ia melanggar aturan, karena dalam aturan jelas dilarang menikah selama mengenyam pendidikan. Dengan dikeluarkan dari sekolah itu maka otomatis dia tidak boleh ikut UN, namun diarahkan untuk mengikuti Ujian Paket C. Sudirman tidak terima, ia mengaku salah karena telah menikah dini tapi mengapa dia dikeluarkan dan tidak boleh ikut ujian. Ia pun melaporkan kasus yang dialaminya ke Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

    Menurut Sudirman, di sekolah itu tidak hanya dirinya saja yang statusnya sudah menikah, ada tiga lainnya namun yang satu konon tidak dikeluarkan yang konon ia adalah kerabat dari salah satu guru di sekolah itu. Atas kasus Sudirman tersebut, Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengecam keras tindakan sepihak yang dilakukan pihak sekolah karena melarang Sudirman untuk mengikuti UN. Karena menurut bapake, pihak sekolah seharusnya tidak memutuskan hak seseorang untuk mendapatkan pendidikan sekalipun ia telah melanggar peraturan.

    Kurang lebih begitulah cerita sederhananya. Kalo menurutku, ini menurutku loh ya, yang mungkin gak sama seperti pak Kommnas PA, aku sih setuju sama aturan sekolahnya dan juga tidakannya (mengeluarkan), namun kurang suka deh pada prakteknya semacam ada ketidakadilan, kalo mereka yang pada nikah itu dikeluarin ya keluarin semua, jangan yang 2 dikeluarin yang 1 enggak, jadi wajar juga tuh kalo ada yang protes gitu.

    Kalo misal mereka dimanjakan, kususnya dalam hal pernikahan, misal nikah (apalagi nikahnya karena hamil duluan gitu) tapi tetep bisa mengikuti hal yang sama seperti mereka yang baik-baik dan mengikuti aturan, sumpah deh pasti makin banyak pernikahan dini. Tau sendiri pergaulan jaman gini kayak gimana, makin banyak anak-anak yang berani melakukan sesuatu yang harusnya tidak dilakukan dulu gitu, salah satunya disekolah Sudirman tuh ternyata gak cuma dia doang kan yang kepaksa menikah karena anu duluan, belum lagi disekolah lain yang mungkin 1 atau 2 ada kasus serupa.

    Ceritaku:

    Sejak bulan maret kosku ada anak SMK PKL, kebetulan sebelahan, aku gak bermaksud nguping tapi emang kedengeran karena mereka ngobrolnya keras. Sering kali yang mereka obrolkan itu adalah cerita-cerita dewasa, ngrumpiin temen-temenya yang pernah gitu-gituan sama pacarnya, ngrumpiin temennya yang keluar sekolah karena hamil dan sekitarnya gitulah. Terus suatu malam kedengeran juga salah satu dari mereka minta temenya “eh sesok ojo lali yo, gawa video …..”. Aku mikirnya: wah ternyata anak-anak sekolah jaman gini sudah sebegitunya. Tapi aku yakin sih mereka gak neko-neko, mungkin mereka ngobrolin hal-hal itu karena efek puber jadi gak ada tema pembicaraan lain yang lebih menarik dan bikin penasaran kecuali yang itu-itu.

    Kembali lagi ke cerita Anak SMA: Menikah, Dikeluarkan dan Tidak Boleh Ikut UN! jadi ya gitu deh, aturan tetaplah aturan, dibuat bukan untuk dilanggar, tidak untuk dilanggar loh ya!!! karena jaman gini itu kadang pada diganti “Aturan Dibuat Untuk Dilanggar”. Silakan menikah bila memang sudah siap segala-galanya, hindari nikah kepaksa karena hamil duluan atau kegrebek :)

    Salam ketak-ketik “nikah, dikeluarkan, tidak boleh ikut UN” dari pojokan….


    TAGS Anak SMA menikah Ujian Nasioanl Tip Menghadapi Ujian Nasional Ujian Nasianal Menakutkan lulus ujian nasional

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • Comment
    • azuwar 4 years ago

      Ini menjadi pelajaran bagi lembaga legislatif dan penegak hukum serta orang2 pintar di Indonesia. Dimana letak hak dan kewajiban ketika membahas kasus seperti ini. Didalam hak kita ada juga hak orang lain, jadi tidak semata-mata menuntut hak sepihak saja. Konsep sumber2 hukum tidak boleh bertentangan yaitu antara tindak perbuatan pidana, perdata, dan aturan susila dan lainnya tidak boleh bertentangan. Jadi antara HAM dan aturan hukum lainnya saling mendukung dan tidak bertentangan. Sebab2 orang kehilangan hak akibat pelanggaran hukum dan aturan susila yang sudah dijadikan sumber hukum tidak boleh ditolerir. Aturan yang sudah disepakati sesungguhnya tidak bertentangan dengan HAM. Kalau dipikir2 semuanya HAM, kapan aturan lain bisa ditegakan. Itunamanya salah kaprah, atau tidak mengerti hakikat hukum itu sendiri.Sekolah punya aturan, dan sudah disepakati yang merupakan alat atau instrumen supaya sekolah tersebutdapat berjalan dengan baik. Apabila dilanggar maka muncul sangsi, itu wajar. Jadi tidak semena-mena membela orang yang berbuat salah dengan mengembel-embelkan HAM. Bagaimana ini……???? Kacau kalau tidak dipilah2 Pak…., justru sekolah bisa mengajukan gugatan kepada siswa yang berbuat salah tersebut karena telah mencoreng nama baik sekolah. Bgaimana kalau sekolah mengajukan gugatan seperti itu…kacau jadinya Pak..jadi jangan kepintaran sendiri seolah2 kita sebagai pejuang hukum. Tolong pikirkan lagi Pak…………….

    • mursidi 4 years ago

      sayang skali yah, masa depan haru hancur gara-gara kesenangan sesaat,, yah tapi apa boleh buat semuanya sudah terjadi,,, yang aku sayangkan berdasarkan cerita diatas, ko bisa yah peraturan diperuntukan untuk sebagian pihak saja,,,mo jadi apa negeri ini????? kalo peraturannya kaya gitu,, jangan mentang-mentang kerabat guru lantas terbebas dari sebuah aturan,,, kalo yang satu berbuat salah dan ketentaunnya harus dikeluarkan maka kalo ada kasus serupa yah peraturannnya juga haru sama jangan dibeda-bedakan kaya gitu,,

      yang sabar ja yah,,, keadilan pasti akan ada, walaupun tidak ada sekarang, tapi yakinlah keadilan akan ditegakan di akhirat nanti,,
      jangan pernah berputus asa, semua kehidupan pasti dihiasi dengan berbagai masalah, semua itu ssemata-mata untuk menguji ketakwaan kita,,

      maju trus sudirman,, khidupanmu tidak sampai disini,,,
      pendidikan tidak menjamin seseorang menjadi sukses, banyak orang yang berijazah lebih tinggi tapi kehidupannya tatap saja serba kekurangan,,(ALLAH SWT tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuan hambanya itu sendiri)

      semoga ini menjadi pelajaran yang sangan berharga khususnya bagimu dan umumnya untuk kita semua,

      Pesan : berpikirlah terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu hal.

      salam
      mursidi

    • mursidi 4 years ago

      peraturan tetap peraturan, kalo yang satu dikeluarin maka yang lainnya juga harus dikeluarin donk,, jangan memihak kaya gitu,,,

      lucu yach,, cuman gara-gara kerabat guru lantas terbebas dari peraturan,,

    • Meriawan 4 years ago

      Pergaulan bebas jadi Budaya
      Sanksi dipermasalahkan…..
      Sebab tak pernah diperhatikan…

    • nasphie 4 years ago

      saya juga setuju samaperaturan sekolah yang mengeluarkan muridnya karena memang itu melanggar aturan bahkan parah sekali sampai menikah,,,
      dan ketidak adilan di sekolah iya itu pantas di adu-in,,,:D

    • Joko 4 years ago

      Mbuh ora mudeng aku, kuncinya …………….

    • cytotec 4 years ago

      gawat,
      kalau anak remaja semua kayak gitu..

    -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post