Terimakasih Sudah Berkunjung

Cara Sederhana Mengetahui Kepuasan Pembeli!

28 Feb 2013

Hari apa ini ya, sepertinya saatnya Reseller Anu BeGeTe curhat. Ingat jaman dulu kala bikin sesuatu dalam rangka syarat kelulusan aku bikin topik tentang kepuasan pelanggan Yamaha, tapi bukan New Xeon RC loh, dulu belum ada produk itu dan masih jaman-jamannya Mio. Sekarang semua teori tentang kepuasan pelanggan sudah lupa, sederhananya gini:

Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi atas suatu produk/jasa yang mereka konsumsi/gunakan. Kepuasan pelanggan untuk apa? yah itu bisa digunakan untuk memperbaiki produk/jasa yang dijual, misal untuk meningkatkan pelayanan atau apa gitu.

Memang sih manusia itu kepuasannya tidak bisa mentog atau dengan kata lain misal puas dengan produk anu 1 tapi kalo dikasih anu edisi 2 ya tertarik-tertarik aja asal produk itu lebih dari anu 1 itu. Nah, itu kan pelanggan kalo dijudulku kan pembeli, maksud aku beda loh. Kalo pelanggan itu aku mengartikannya pembeli yang sudah membeli/menggunakan produk/jasa berkali-kali gitu, kalo pembeli itu baru sekali.

Selaku Reseller Anu BeGeTe aku kadang kepo: yang pada beli sesuatu dariku itu puas gak ya? kenapa aku kepo begitu? karena kalo aku tau pembeli itu puas, nanti kontaknya disimpen, nah suatu saat bisa ditawarin lagi gitu, biar beli lagi produk edisi lainnya gitu. Sehingga pembeli yang puas itu bisa digoda mana tau jadi pelanggan gitu. Gimana, licik gak? ini bukan licik loh, ini strategi, strategi sederhana ala Reseller Anu BeGeTe.

Kalo menurutku Cara Sederhana Mengetahui Kepuasan Pembeli adalah:

Tunggu respon dari pembeli setelah menerima produknya, tapi responnya yang respon alami loh ya, bukan karena kita yang nanya. Misalnya: si Q beli sesuatu hari Senin, hari Rabu dia terima barangnya dengan sendirinya Q sms atau ngabarin: “anunya udah saya terima sist, bagus banget saya suka makasih ya”. Nah, yang kayak gitu catet deh.

Semakin banyak pembeli yang ngasih respon positif setelah terima produk itu pertanda mereka pada puas. Kalo misal gak ada respon gimana? ada 2 kemungkinan tapi ngasal sih:

  1. Dia sebenarnya puas, tapi lagi gak ada pulsa buat ngerespon.
  2. Dia sebenarnya tidak puas tapi tidak mau mengumbar ketidak puasannya.

Tapi gimana kalo responnya negatif, misal: “sist barangnya sudah nyampai, kok gak sama seperti digambar sih”. Itu pertanda harus melakukan perbaikan mungkin pasang gambar yang sesuai kenyataan barangnya, jangan barang biasa aja tapi gambar yang dipasang diphotoshop biar keliatan keren gitu? ah itu baru namanya licik bukan strategi.

Ya gini deh, berhubung cuma Reseller Anu BeGeTe jadinya strategi-strateginya masih sederhana, sehingga cara untuk mengetahui kepuasan pembeli pun sederhana juga gitu. Hal-hal sederhana seperti ini aku abadikan buat dokumentasi, mana tau bermanfaat atau kalo-kalo besuk aku lupa bisa lihat lagi catetan ini.

Salam ketak-ketik “Kepuasan Pembeli ala Reseller Anu BeGeTe” dari pojokan….


TAGS Reseller Anu BeGeTe Kepuasan Pelanggan

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post