Terimakasih Sudah Berkunjung

RSBI Dibubarkan, Apakah Ini Jalan Terbaik?

9 Jan 2013
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • RSBI Dibubarkan, Apakah Ini Jalan Terbaik? entahlah…. Tapi sepertinya banyak yang setuju, meski ada juga yang menolak. Memang kenapa sih RSBI dibubarkan? MK membubarkan sekolah bertaraf internasional itu karena RSBI dapat membuka potensi lahirnya diskriminasi, dan menyebabkan terjadinya kastanisasi (penggolongan) dalam bidang pendidikan. Nah, selain itu juga konon penekanan bahasa Inggris bagi siswa diRSBI atau SBI merupakan sebuah penghianatan terhadap Sumpah Pemuda tahun 1928 yang menyatakan berbahasa satu yaitu bahasa Indonesia, jadi seharusnya seluruh sekolah di Indonesia harus menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia.

    Yah, sepertinya alasannya adalah masalah keadilan dalam hal pendidikan, karena memang RSBI itu terkesan sebagai sekolahan para orang kaya gitu dan orang miskin yang gak mampu gak patut sekolah disitu. Memang sih kalau di RSBI itu fasilitasnya lebih wow gitu, dan pungutan biayanya juga tidak semurah sekolah biasa. Masalah bahasa Indonesia, yah memang kalo disekolah itu yang dipakai bahasa bule alias bahasa Inggris. Dan sepertinya memang orang jaman gini itu merasa bangga kala pandai bahasa Inggris, misal ibu-ibu pada ngerumpi “eh tahu gak jeng, anak-ku si Betrand juara satu pidato bahasa Inggris tingkat kecamatan loh, keren kan????”.

    Soal penekanan bahasa Inggris itu? bahasa Indonesia memang penting, tapi sepertinya bahasa Inggris juga penting sih terutama bagi yang ingin go internasional, tapi selama masih hidup di Indonesia, ya aneh juga sih kalau bahasa kesehariannya pakai bahasa Inggris. Misal tampang Indonesia banget, KTP juga asli desa mana gitu, tinggalnya ya di desa mana gitu itu, tapi ketika diwarung beli sabun bilangnya “morning mister ai won bai e soap”, terlihat gaya sih tapi ya aneh.

    Mungkin memang banyak yang setuju dengan pembubaran RSBI itu tapi gimana bagi mereka yang merasa kaya dan mampu membayar mahal biaya pendidikan mereka? apa itu adil buat mereka? entahlah, ya mungkin ada yang ndak terima dihapuskan, tapi kalo misal benar-benar kaya dan mampu mending langsung sekolahin anaknya diluar negeri aja deh, yang sekiranya pendidikannya berkualitas bagus gitu, gimana?

    Terus apakah penghapusan RSBI itu memang jalan yang terbaik? apa gak ada solusi lain? ya misal status taraf Internasional dengan fasilitas pendidikan yang tetap wow gitu namun bertarif biasa bahkan gratis bagi yang tidak mampu secara ekonomi. Tapi mana mungkin pemerintah berani begitu. Ya mungkin “ana rego ana rupo” begitulah filosofinya, jadi selama biaya murah ya kualiatasnya rendah, rendah loh ya bukan murahan.

    Apapun ending keputusannya semoga pendidikan Indonesia lebih baik, lebih terjangkau, lebih berkualitas. Jadi kalau bisa itu meski bertarif nasional tetap bertaraf Internasional. Kalo anda sendiri gimana, setujukah dengan penghapusan RSBI yang dianggap sebagai sekolahannya orang kaya itu?

    Salam ketak-ketik “RSBI BUBAR” dari pojokan….


    TAGS RSBI Dibubarkan

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • Comment
    • Boy Ginturiano 4 years ago

      Susah kalau pejabat kampungan, tidak mempunyai wawasan international, Tuhan juga mengakui ada si miskin dan ada si kaya, ada yang pintar dan ada yang bodoh, buat apa ada pejabat yang membuat sesuatu (seperti RSBI dulu dibuat lalu dibubarkan) artinya pejabat itu goblok dong, sekarang di pakai MK untuk mengambil keputusan dan memutuskan, semua dibuat dengan niat dan tujuan(kalau itu tidak baik kenapa dibuat), sekarang tambah masuknya pejabat yang berfikiran kampungan tambah hancur negara ini, bagaimana negara kita bisa mengimbangi atau mampu masuk di kancah negara maju kalau tidak mempunyai anak2 bangsa yg berkualitas, kalau hanya mau membandingi dengan negara africa, timur tengah tidak perlu kita maju, buktinya sekarang mana anak bangsa kita yang bertaraf international, cobalah pejabat itu kan suka studi banding keluar negeri, apa yang di dapat dari luar negeri (bisanya belanja dan tidak bisa ngomong/komunikasi), susah karena goblok……pejabat yang ada di departemen pendidikan apa kerjanya kalau semua kurikulum masih rendah dan tidak efektif/efisien, lebih baik di pensiunkan saja, pilih saja orang yg masih pintar untuk membuat perencanaan, tidak apa2 sementara meniru dari luar negeri sebelum kita mampu membuat sendiri……..

    • Benagustian 4 years ago

      saya setuju kalau di bubarkan kalau untuk menghilangkan diskriminasi [katanya]
      tapi saya tidak setuju kalau RSBi itu di bilang untuk orang kaya, saya alumni sekolah RSBI yang banyak siswa dari desa seperti saya, antara mahasiswa kaya dan miskin sdi sekolah saya dulu berimbang ya namanya juga hidup ada yang kaya ada yang miskin, kalau di bilang fasilitas nya wah atau mahal kok di RSBI saya dulu masih tidak jauh beda dengan SSN masalah fasilitas. itu menurut saya bergantung kebijakan dari dinas pendidikan.
      dulu sekolah saya sistem subsidi silang dimana yang kaya bisa bayar lebih mahal sedang yang biasa saja atau miskin seperti saya bisa murah saya cuma 100.000 bayarannya :) hehe. dasar sekolah RSBI di tempat lain saja menurut saya yang membedakan diri..
      oke RSBI di hapus tapi semangat untuk memajukan negeri dengan standar internasional jangan pundar entah apa pun caranya nanti :)

    -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post