Terimakasih Sudah Berkunjung

Viro, Live the Moments: Kembali Bersepeda!

31 Jul 2012
  • Cara Mudah Cantik Alami Dengan Minyak Bulus Mamasean Asli

  • Teringat masa kecilku dimana aku begitu penasaran untuk bisa naik sepeda, setelah belajar dan akirnya bisa itu sungguh luar biasa senangnya. Kemudian waktu SD aku masuk di SD dekat rumah, tiap kali berangkat sekolah cuma jalan kaki, hingga akirnya ketika naik ke kelas 4 SD aku minta dipindahin ke SD yang jauh dari rumah biar kalo sekolah bisa naik sepeda. Begitu juga kala masuk SMP, aku gak mau daftar ke SMP yang dekat rumah, pengen masuk ke SMP yang jaraknya berkilo-kilo meter dari rumah biar berangkat dan pulangnya bisa ngos-ngosan naik sepeda.

    Waktu SMA pun aku masih suka berangkat sekolah dengan menggenjot sepeda hanya saja waktu kelas 3 sudah mulai kombinasi antara motor dan sepeda. Ketika lulus SMA lanjut ke Semarang, bertahun-tahun disana tanpa bersepeda sama sekali, karena selain gak ada sepeda juga kawasan Tembalang dan sekitarnya jalannya jarang yang rata alis naik turun. Hingga akirnya lulus tiba-tiba sudah di Jogja, awalnya juga cuma diam-diam saja, kemana-mana pakeknya motor. Suatu ketika dikala aku muter-muter beberapa ruas jalan dengan motor mendadak aku berfikir “kalo muter-muter pasti akan lebih enak pakai sepeda ontel saja”, tapi pakek sepeda siapa, aku kan gak punya sepeda?

    Awal-awalnya aku cuma minjam sepeda teman, teringat jelas bahwa ketika pertama kali mencoba naik sepeda kembali itu malam-malam, sungguh ngos-ngosan luar biasa padahal jarak tempuhnya gak jauh. Rasanya kaki ku buat genjot itu berat banget seperti kaku-kaku, mataku berkunang-kunang seperti mau pinsan, keringat bercucuran, tapi aku tetap berusaha menjaga kesadaran, aku sadar kalo misal aku sampai pinsan gara-gara naik sepeda ah sungguh memalukan sekali. Untungnya aku sampai kos dengan selamat, begitu sampek langsung duduk diemperan, meluruskan kaki, minum air putih dalam botol yang sengaja kemana-mana aku bawa.

    Dari situ aku sadar bahwa segala sesuatu itu bila sudah lama tidak dilakukan maka ketika kembali melakukan akan terasa kaku atau berat. Misalnya ya itu, dulu memang aku bisa bersepeda berkilo-kilo meter dengan senang hati tapi begitu sudah bertahun-tahun tidak bersepeda sama sekali maka ketika pertama kali nyoba bersepeda rasanya ngos-ngosan banget dan pegal-pegalnya berhari-hari enggak ilang-ilang. Ya ini mungkin sama perti halnya para atlet, meski ia sudah ahli dan pernah meraih mendali emas tapi kemudian ia tidak melakukan latihan sama sekali dan kemudian tiba-tiba ikut pertandingan pasti sulit meraih kemenangan. Seperti perumpaan dimana sebuah pisau itu bila tidak terus diasah maka lama-lama bisa tumpul.

    Akirnya aku mulai sering meminjam sepeda dan berlatih bersepeda mengitari beberapa rual jalan didaerah Jogja. Lama-lama aku berfikir, masak minjam terus? Akirnya tak ada cara lain untuk tetap bisa bersepeda kecuali aku harus beli sepeda! Setelah beli sepeda, entah dapat bisikan dari mana hingga punya keinginan untuk mudik-balik dari Jogja-Klaten dan sebaliknya naik sepeda ontel saja. Dan entah kenapa keinginan itu benar-benar tercapai, tepatnya lebaran tahun kemarin (2011). Awalnya aku takut, takut gak kuat menginat ngos-ngosannya ketika pertama kali mencoba bersepeda kembali dimalam yang berkunang-kungan itu. Tapi berbuhubung sudah lumayan sering bersepeda meski jarak-jarak pendek akirnya aku makin mantap untuk pulang kerumah naik sepeda ontel.

    Kala itu aku pulang H-1 aku ingat itu tanggal 29 Agustus 2011, berangkat setelah subuhan sekitar pukul 04:45 dan posisi masih menjalankan puasa. Anehnya apa yang aku kawatirkan tidak terjadi sama sekali, aku tidak merasakan ngos-ngosan selama diperjalanan dan bahkan rasa yang ada itu hanya kesegaran. Hingga akirnya setelah 3 jam perjalanan aku sampai rumah dengan semangat dan selamat. Biasanya kalo naik motor itu waktu tempuhnya 1,5 jam. Selama perjalanan pulang dengan sepeda itu aku hanya istiraha 1 kali dirumah teman SMP-ku yang kebetulan rumahnya sejalur dengan jalan yang aku lewati untuk pulang kerumah. Inginnya nyoba tidak istirahat sama sekali karena merasa masih segar dan tidak capek, tapi temanku konon pengen jadi saksi atas kepulanganku naik sepeda ontel jadi aku mampir deh kerumahnya. Aku balik ke Jogja lagi tanggal 4 September 2011 dengan tetap mengendarai sepeda ontel.

    (Gambar ini aku ambil ketika balik dari Klaten menuju Jogja 9 September 2011, bertepat di kalasan gak jauh dari candi prambanan, sengaja milih tempat istirahat didekat para waria pada ngamen, biar bisa lihat aksi meraka ketika menggoda para pengguna jalan)

    Rasanya moment mudik-balik dengan sepeda ontel itu belum lama tapi nyatanya kini sudah bulan puasa dan dalam hintungan hari akan lebaran lagi. Lalu akankah aku pulang naik sepeda ontel lagi? Entahlah, yang pasti sampai sekarang aku masih suka bersepeda, biasanya kalo sempat sore-sore bersepeda beberapa ruas jalan atau kalo ada acara fun bike biasanya ikut. Meski tidak ful kemana-mana dengan sepeda tapi kembali bersepeda lagi itu memang menyenangkan dan sesuatu yang tak boleh lupa dibawa kala bersepeda adalah minuman dalam botol yang berisi air putih karena mengingat bersepeda itu butuh tenaga, menguras keringat jadi penting untuk mengembalikan kesegaran dengan air putih atau air mineral. Kenapa mesti air putih atau air mineral? Karena itu lebih sehat ketimbang es atau soda.

    Selain menyenangkan bersepeda itu juga bisa memperlancar ide karena sering kali postingan-postingan diblog ini idenya berasal dari jalan pada saat aku bersepeda entah dari apa yang aku temukan, aku lihat atau aku dengar misal postingan:

    Begitulah ketak-ketik cerita singkat live the moments kala aku kembali bersepeda. Postingan ini bagian dari Ngeblog Bareng Viro: www.viro.co.id


    TAGS Viro water Air Mineral Moments Ngeblog Bareng Viro

  • Tip Belanja Online Murah: Agar Gak Dapat Barang Super Mahal!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Heboh Nasib Sheila Marcia: Kini Tubuh Kurus, Banyak Tato & Tindik Bikin Nitizen Prihatin

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • Inilah Kisah Ngenes Pemain Sinetron Anak Jalanan Yang Sedang Hit Tapi Terjerat Narkoba

  • Oke Sip! KPI Larang TV Tampilkan Pria Bergaya Perempuan (Ngondek / Banci)

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Makin Sepi Job Artis Antagonis 90'an Leily Sagita Kini Jualan Keripik Singkong

  • Mendadak Jadi Super Ganteng, Benarkah Sammy Simorangkir Operasi Plastik?

  • Glenn Fredly Bantah Pindah Agama Demi Aurah Kasih!!!

  • Asmirandah dan Jonas Tak Tampil Lagi Di TV Karena Sepi Job?

  • Apa Iya Afgan dan Rossa Pacaran? Kok Deket Banget ya?

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Yannie Kim Orang Indonesia Yang Bikin Heboh Karena Ikut Main Drama Korea

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • Fahmi BO, Pemeran Gusur Sireal Lupus Kini Kesulitan Ekonomi, Tinggal Dikontrakan, Makan Mie Instans

  • Kisah Cinta Aming Dibongkar Dan Ternyata Istri Caisar Itu Mantan Kekasih Aming!

  • Siswa SD Goyang Seronok Saat Acara Pesta Perpisahan, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • Comment
    • Obat Herbal Kolesterol 5 years ago

      jadi pengen deh ke jawa,,,emang disana kelihatanya tenang ya,,,,santai,,

    • nchie 5 years ago

      Senengnya bersepeda..KAlo di Jawa seneng main sepeda, jalanan khusus ada buat orang2 yang nersepeda dan rapih jadi nyaman..
      NAh kalo di bandung, ga bisa, orang bersepeda tetep aja di klaksonin sama pengguna jalan yang lainnya..

      JAdi pengen sepeda2an di JAwa Lagi di rumah Mbahku,,

    -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post