Terimakasih Sudah Berkunjung

Antara Keterbatasan Fisik, Semangat dan Prestasi

22 Dec 2011

Hari minggu lalu (18 Desember 2011) aku bersama teman-teman komunitas blogger Jogja datang rame-rame ke stadion manahan untuk keperluan kopdar edisi bulan Desember dan liputan ASEAN Para Games karena acara tersebut agaknya pemberitaannya tidak semarak acara SEA Games, dan antusias masyarakat agaknya juga tak seheboh acara SEA Games. Hingga Pesta olah raga untuk para penyandang disabilitas yang ke 6 kalinya itu selesai mungkin tak semua orang tau tentang berlangsungnya acara tersebut. Suasana di Stadion kala itu juga lumayan sepi, banyak kursi yang kosong alias sepi penonton.

Melihat atlet-atlet di ASEAN Para Games itu sungguh menjakjubkan, karena biasanya aku melihat orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik itu dipinggir-pinggir jalan atau kadang didalam bus, mereka ada yang mengemis ada yang mengamen ada pula yang jualan asongan. Tapi didalam Stadion itu aku lihat banyak sekali orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, mereka memiliki semangat yang luar biasa, mereka bertanding dan mereka berprestasi!

Semangat mereka itu begitu aku rasakan ketika aku duduk disalah satu kursi yang kemudian aku menyadari ternyata disekelilingku itu adalah atlet-atlet dari luar negeri ada yang dari Myanmar, Filipina, Thailand dan lainnya, mungkin hanya beberapa saja yang asli orang Indonesia. Dikatakan salah masuk, ya mungkin aku salah masuk, karena memang sempat masuk lewat pintu yang yang tidak semestinya sehingga sempat dikeluarkan dengan hormat oleh petugas (dikeluarkan dengan hormat oleh petugas : dibaca diusir dengan halus), tapi meski demikian aku merasa beruntung karena berada diantara atlet difabel meski bukan atlet-atlet Indonesia. Dan ditempat itulah aku merasa “betapa beruntung dan sempurnanya aku”. Dari kursi dimana aku duduk, terlihat semangat atlet-atlet yang berada dilapangan, mereka melakukan pemanasan dan kemudian bertanding sekuat tenaga. Atlet yang duduk dikursi semangat berteriak-teriak mendukung mereka yang tanding dilapangan.

Potret Semangat dukungan Atlet dari Thiland untuk rekannya yang berlaga dilapangan:

Potret Atlet dari Filipina sedang serius menonton pertandingan:

Potret Semangat Atlet asal Indonesia keluar dari Stadion:

Ketika pertandingan lari untuk tuna netra wanita berlangsung, suara yang mendominasi di sekitarku adalah “po”, mereka teriak-teriak “poo-poo-pooo-pooo…” enggak tau apa artinya tapi aku rasa itu adalah sebuah ungkapan dukungan untuk atlet Thailand yang sedang lari melintasi lapangan.Berikut adalah gambar menjelang finish, dimana suara teriakan “po-po-po” itu menggelegar:

Hingga sampai pada finish-nya atlet Thailand-lah yang menang, selamat “po”:

Betapa semringahnya mereka ketika yang menang itu adalah teman mereka, tapi ketika pertandingan kelas laki-laki ceritanya lain lagi, kala itu Indonesia Vs Thailand, mereka teriak-teriak apa gak jelas, kayak-nya sih menyebut nama atletnya, tapi hingga pada finish-nya ternyata Indonesia yang menang, mereka pun langsung diam, hanya ada sepintas suara huuu, mennyoraki atlet Indonesia yang sedang teriak-teriak kegirangan atas kemenangannya. Berikut adalah gambar menjelang finish:

Atlet Indonesia yang teriak-teriak itu dengan bahagiannya nyamperin seseorang penonton yang sedang duduk tak jauh dari tempat duduk-ku, mungkin dia pacarnya, cie-cie….suit-suit, lihat ekspresi wajah kedua insan ini, terlihat jelas rasa bahagia mereka meski hanya tampak dari samping:

Ajang khusus untuk para penyandang disabilitas seperti ASEAN Para Games ini adalah salah satu bukti keistimewaan mereka, meski mereka(para atlet penyandang disabilitas) tak memiliki fisik yang normal tapi ternyata mereka juga bisa, bisa meraih prestasi seperti halnya orang yang normal. Dengan semangat juang yang tinggi tentu keterbatasan fisik bukanlah penghambat untuk mereka dalam meraih prestasi bukan? apa lagi bagi kita yang memiliki fisik yang lebih normal, tentu tak pantas bila kita kebanyakan mengeluh ini itu, masih merasa kurang dan tak mensyukuri apa yang ada, ingat pesan demasiv “syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah”

Kalau bicara seperti kesempurnaan, ya seperti yang bunda Dorce bilang bahwa “kesempurnaan hanya milik Allah” maksudnya hanya milik Tuhan, sehingga tak ada manusia yang sempurna. Antara kita yang fisiknya lebih baik dengan mereka-mereka yang difabel semua sama, sama-sama bisa berprestasi, kita semua bisa, bisa berprestasi di bidangnya masing-masing.

Dan semoga di Indonesia semakin memfasilitasi bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik, agar mereka juga tetap bisa berkarya. Banyak juga kan para penyandang disabilitas yang sukses berwirausaha dan lain-lainnya, karena pada dasarnya setiap orang memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Semoga fasilitas-fasilitas umum di Indonesia juga semakin mendukung bagi para penyandang disabilitas agar mereka juga bisa menikmati hari-hari mereka seperti orang-orang pada umumnya tanpa harus ada kesulitan-kesulitan bila berpergian ditempat-tempat umum.


TAGS Penyandang Disabilitas

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post