Terimakasih Sudah Berkunjung

Say No To Bully

18 Nov 2011

Judul Postingan ini memang pakai bahasa bule “Say No To Bully” tapi maaf isinya tak serupa dengan judulnya yang memakai bahasa bule, Isinya tetap pakek bahasa Indonesia meski bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Say No To Bully adalah kalimat yang aku dengar tadi pagi (18/11) dari TV, yang diucapkan oleh anak-anak pemain film ”Langit Biru”! Itu film memang temanya tentang bullying, pesannya ya anti-bullying. Postingan ini tak akan bahas lebih lanjut tentang film itu, takut dikira promosi! Cuma mau bahas kalimatnya aja: Say No To Bully!!!

Bila dilihat dikamus bullying itu artinya intimidasi. Kalo dalam film langit biru itu kan targetnya stop bully pada anak-anak atau remaja, sasarannya orang tua dan juga guru. Tapi yang namanya bully itu sendiri bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan tua sekalipun, bisa dimana saja misal keluarga, sekolah atau lingkungan kerja, bisa berupa fisik ataupun non fisik, bisa didunia maya (internet) ataupun dunia nyata (kehidupan sehari-hari).

Penampakan bully bisa berupa: Mengejek, menyebarkan rumor/menghasut, mengucilkan, menakut-nakuti (intimidasi), mengancam, menindas, memalak, atau menganiaya secara fisik (mendorong, menampar, memukul, menjambak) dan sekitarnya.

Dampak bully itu bisa berupa: Non Fisik=> menimbulkan perasaan tidak aman, malu yang luar biasa, terisolasi, perasaan harga diri yang rendah atau tidak percaya diri, menarik diri dari pergaulan, depresi atau parahnya bisa menderita stress yang dapat berakhir dengan bunuh diri. Fisik=> Bisa saja luka (berdarah, memar, goresan), sakit kepala/sakit perut, atau barang miliknya mengalami kerusakan.

Dengan dampaknya yang sedemikian rupa itu, sudah jelas bahwa Say No To Bully itu perlu!!!! Dalam kehidupan sehari-hari ejek mengejek itu seolah hal yang sepele, sering terjadi secara live mulut dengan mulut atau sekedar lewat dunia maya melalui jejaring sosial seperti twitter atau facebook. Padahal kalo dipikir-pikir dari ejek mengejek itu bisa menimbulkan dendam kemudian berantem atau tawuran dan sekitarnya.

Bila mengalami bully, jangan diresapi, bangkit dan semangatlah, lakukan yang terbaik, maju terus pantang bully. Pernah dengar lagunya smash-kan? yang memuat curhatnya ”mereka sering dibuli”? sebanyak-banyaknya orang menghina atau mencaci, dibilang banci, dan sekitarnya tapi lihat saja merek tetap eksis dengan sebanyak-banyaknya fans.

Mem-bully itu bisa terjadi secara sengaja atau tidak sengaja. Kadang orang tak sadar apa yang diangapnya bercanda itu sebenarnya bully, orang yang diajak bercanda mungkin terlihat fine-fine aja tapi dalam hati siapa yang tau? Sebelum mem-bully orang baiknya ngaca diri dulu aja, karena yang mem-bully itu belum tentu bisa atau lebih baik dari yang dibully, kalo nyadar tentu tak akan jadi mem-bully. Yuk mari say no to bully, mari saling mendukung, saling menolong pada sesama.

Aku sendiri juga lagi belajar sih, termasuk dalam ranah blogging agar dalam membuat postingan tak mengandung unsur bully, walau kadang apa yang aku tulis yang sekedar opini atau mengulas apa yang sedang ramai dikalayak sering menimbulkan komentar bully baik tertuju padaku sendiri atau kepada pihak lain yang aku angkat sebagai tema tulisan. Kalo memang suka membaca blog ini, please biasakan komen tanpa unsur bully walau semua komen kebanyakan aku approve. Thank yaw, Say No To Bully! :)


TAGS Say No To Bully

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post