Terimakasih Sudah Berkunjung

‘Jejaring Sosial Sebagai Media Budaya Narsis’

9 Aug 2011

Hari gini gak mainan internet mungkin disangka gak gaul karena dari pelajar hingga pekerja bahkan pengguran pun sekarang dah pada ketagihan yang namanya internet terlebih pada jejaring sosial yang mereka sukai, mungkin ada yang suka facebook, twitter, google+, skype dll. Apa sih yang membuat mereka ketagihan? ya itu tadi, karena merasa lebih gaul kalau eksis di jejaring sosial. Jejaring sosial itu baik ato buruk sih? semua hal pasti ada baik buruknya, ‘Ketak-Ketik Ide Sederhana’ kali ini gak akan bahas neko-neko karena Ide Itu Gak Harus Kreatif Karena Ide Itu Sederhana, jadi sekiranya postingan ini cuma sekedar mengulas dari sisi gaya gaul yakni ‘Jejaring Sosial Sebagai Media Budaya Narsis‘.

Sadar enggak sadar yang namanya jejaring sosial dapat membentuk jiwa narsisme yang tinggi, apa buktinya? bukti sederhananya adalah foto!!! Misalnya saja di facebook, banyak sekali foto yang sengaja diupload untuk dipertontonkan kepada pengguna facebook lainya. Mungkin dengan mengupload foto itu seolah ia ingin mengatakan “gimana gue ganteng kan”, “gue seksi kan”, “gue orang kaya gitu loh”, “gue bla-bla-bla…..”.

Mungkin gak dari foto aja, status juga bisa mengekplor bakat narsis, misal update status “gila, baru nyadar deh, ternyata gue itu cantik banget”, udah gitu 15 menit kemudian update lagi “aduh, gue gak gak gak kuat…. punya wajah cantik, hawanya pengen ngaca mulu”, 15 menit kemudian tunggu saja status terbarunya. (maaf ya, contoh statusnya agak dilebih-lebihkan, biar chemistry akan narsismenya itu dapet gitu loh).

Bila narsisme itu sudah tinggi bahayanya adalah untuk dunia remaja yang masih pelajar mungkin prestasinya didunia menuntut ilmu agak terganggu kali ya, karena semenjak kenal facebook atau twitter jadi pada rajin masuk, bukan masuk sekolah tapi masuk warnet untuk sekedar upload foto atau update status. Atau rajin masuk sekolah sih tapi mainan facebook ma twitternya lewat HP. ‘Gurunya nerangin panjang lebar, muridnya duduk manis aja, gurunya sih bangga-bangga aja karena dengan muridnya yang duduk manis itu ia merasa diperhatikan, padahal yang duduk manis itu pada mainan facebook, bikin status “pak guru didepan ngapain sih”, udah gitu jadilah komen-komenan. Buat pelajar yang sukanya kayak gitu, ingat ya ‘taubatlah taubat sebelum terlambat’. Tapi apa mau dikata, guru jaman sekarang juga pada rajin update status, disela-sela nerangin bikin status ‘buhsyet murid-murid gue pada duduk manis semua waktu gue lagi nerangin, gue emang guru yang hebat’. Lain dunia pendidikan lain pula dunia kantoran, Buat yang statusnya pekerja, biasa belagak sibuk didepan komputer padahal ya gitu deh, facebookan man twitter-twitteran.

Narsisme yang tinggi alias berlebihan bisa memicu rasa-rasa yang lain, misalnya rasa gelisah bila sehari gak update status, rasa resah bila sehari gak upload foto, gak bisa bobok bila sehari gak bisa memperlihatkan sesutu di facebook atau twitternya. Alangkah baiknya bila para user jejaring sosial membudayakan narsis yang baik, maksudnya narsis yang bermanfaat, misalnya pamer foto tapi fotonya bukan foto pribadi yang seksi, bisa foto-foto tempat wisata disekelilingmu, sekalian promo gitu, sebisa mungkin fotonya tak perlu ada penampakan kamunya, kalo kamunya nampak balik maning nang narsis. Atau mungkin buat pamer hasil karya, bisa berupa puisi atau hasil menggambar atau apa kek, atau nulis status-status yang penuh motivasi seperti status-statusnya pak Mario Teguh tuh :) -saran tingkat tinggi- :)

Kalau aku emang rajin di facebook, buat pajang url blog, kadang juga update status tapi statusnya gak ada yang jelas. Kalau twitter @mbak_widha biasa aktif waktu saur per bulan puasa ini, sekedar iseng ikut sahur with your twit. Yang jelas diluar pajang url blog, segala status yang aku keluarkan hanyalah seru-seruan belaka, mau bikin status yang penuh motivasi gitu sih, tapi berattt deh, karena sering kali apapun statusku ujung-ujungnya cuma dikomeni ‘hahahah, heheheh, kwakkwakk, xixixi, wekeke, dan sejenisnya’, ngenes deh…..

Maaf ya, postingan ini tidak bermaksud menyindir pihak manapun, bila ada perasaan yang sama atau mirip dengan yang terceritakan diatas mungkin hanya kebetulan belaka.

OK BROto and soSIS mari budayakan bermain santai dan damai…..

my twitter @mbak_widha


TAGS jejaring sosial narsis

  • BENARKAH HEWAN KEPIK EMAS LANGKA dan MAHAL? Inilah Faktanya!

  • BENARKAH BUAH CIPLUKAN OBAT SEGALA PENYAKIT HINGGA HARGANYA SANGAT MAHAL?

  • SEBEL PULSA HABIS TANPA SEBAB? INILAH CARA TERMUDAH UNTUK STOP ATAU UNREG!

  • Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Kaget!

  • Menakjubkan! Ada Penampakan Wajah Ditubuh Laba-laba ini, Coba Lihat Menurutmu Ada Berapa Bentuk Wajah?

  • Kisah Angelina Sondakh Semakin Religius: Khatam Alquran Berkali-kali & Berjilbab

  • TEBAT WISATA TEBING BREKSI, COBA LIHAT ADA APA DISINI?

  • Habiskan 1 M, Ini Wajah Asli Nita Talia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

  • Pernah Bangkrut Baim Wong Tak Kapok Bisnis Jualan Mie Ayam Lagi

  • Waduh, Artis Pemeran Wiro Sableng Bangkrut Karena Narkoba dan Kini Jadi Petani

  • BAKPIA PRICESS CAKE MILIK SYAHRINI, Apakah Rasanya Secetar Pemiliknya?

  • Tutorial Jilbab Pashmina Gaya Ala Wanita Turki Hanya 3 Langkah Mudah Hasil Cantik Elegan!

  • Trik Pakai Jilbab Agar Wajah Terlihat Tirus, Hanya 3 Langkah Ayo dicoba!

  • 3 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segiempat Simple Tapi Cocok Buat Semua Tipe Wajah

  • Tutorial Hijab Modern Khimar Instan Gaya Syar'i Hanya 3 Langkah Mudah Hasilnya Modis

  • 4 Langkah Mudah Pakai Jilbab Segi Empat Ala Laudya Cynthia Bella


  • -

    Search

    Author

    Widhawati
    Twitter @mbak_widha || Instagram @widhawatitok

    Recent Post